:
:
News
Begini Tanggapan MUI Soal Aturan Siswi Bercadar di Sekolah

gomuslim.co.id- Baru-baru ini, beredar pemberitaan SMK Attholibiyah di Kecamatan Bumijawa, Kabupaten Tegal, Jawa Tengah mewajibkan siswinya untuk mengenakan cadar. Menaggapi hal tersebut, Wakil Ketua Umum Majelis Ulama Indonesia (MUI), Zainut Tauhid Sa’adi mengatakan bahwa penggunaan cadar pada seragam sekolah tidak perlu dibesar-besarkan.

Menurutnya, penggunaan cadar tersebut tidak masalah karena sudah menjadi kesepakatan antara penyelenggara pendidikan dengan orang tua siswa. “Saya kira tidak masalah,” ujar Zainut. 

Sempat menjadi viral di dunia maya, SMK Attholibiyah mewajibkan siswinya menggenakan cadar, dalam foto tersebut terlihat suasana belajar mengajar dengan semua siswi memakai cadar.

Lebih lanjut, Zainut memaparkan perihal penggunaan cadar tidak ada larangan secara pasti dari Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. Namun, jika ada aturan yang melarang maka sekiranya perlu dijelaskan kepada publik. “Jelaskan mengapa dilarang supaya masyarakat paham,” kata dia.

Selama penggunaan cadar tersebut masih sesuai dengan norma etika dan estetika pada seragam sekolah maka seharusnya diberikan toleransi. Ia melihat tidak perlu adanya pembatasan. “Ada keyakinan sebagian umat Islam tentang berbusana sesuai dengan syariah,” kata dia.

Namun, ia juga memperingkatkan adanya stigma buruk mengenai mereka yang biasa memakai cadar dikaitkan dengan Islam radikal. Hal seperti itu tidak boleh memengaruhi masyarakat untuk menjustifikasi hanya dari penampilan fisik.

“Radikal atau tidak itu tak cukup dilihat dari aspek pakaian saja,” tambahnya. (nat/dbs/foto:tempo)

Responsive image
Other Article
gomuslim
Get it on the play store