:
:
News
Inilah Insinyur Muslim Asal Arab Saudi yang Gabung NASA

gomuslim.co.id- Sejak abad pertengahan, Islam telah banyak melahirkan banyak ilmuwan di berbagai bidang. Hal ini menjadi bukti bahwa Islam merupakan agama yang sangat terbuka dengan kemajuan ilmu pengetahuan dunia. Tidak hanya di masa lalu, sampai saat ini masih banyak muslim yang menjadi ilmuwan handal di bidangnya.

Baru-baru ini, seorang insinyur asal Arab Saudi dilaporkan telah masuk dalam salah satu badan antariksa terbesar di dunia, NASA. Dia adalah Misyal Said Al Shahrani yang telah bergabung dengan NASA sebagai bagian dari tim riset badan antariksa AS tersebut.

“Al Shahrani menjadi insinyur Arab Saudi pertama yang bergabung dengan tim riset NASA yang akan mendalami bidang microgravity,” demikian seperti dilansir dari publikasi Al Arabiya, Rabu (01/11/2017).

Dalam proyek microgravity itu, Shahrani menjelaskan bahwa ia dan timnya sedang melakukan penelitian serta mendesain sebuah perangkat yang mampu menghentikan gaya gravitasi di permukaan bumi untuk lebih dari 21 hari.

Dengan adanya alat tersebut para peneliti dapat memelajari efek kurangnya gaya gravitasi pada sampel organik. Menurut Shahrani proyek tersebut sudah pada tahap akhir pengembangan dan diharapkan bisa selesai pada akhir tahun.

Shahrani sendiri sebelum bergabung dengan NASA adalah seorang insinyur mekanik yang bekerja bagi perusahaan Saudi Aramco. Kini dirinya selain bekerja di NASA dirinya adalah juga sedang menjalani studi di Universitas San Jose AS.

Bergabung Shahrani dengan NASA menjadi sebuah kebanggaan tersendiri. Selain karena NASA adalah salah satu yang terdepan dalam bidang teknologi luar angkasa, bekerja di NASA juga akan membuka kesempatan untuk berkenalan dengan berbagai komunitas ilmuwan dunia.

Sebelumnya, Mishaal Ashemimry, wanita Arab Saudi juga bergabung dengan NASA. Ia adalah insinyur kedirgantaraan, yang menjabat sebagai CEO Mishaal Aerospace berbasis di Miami, Florida. Lembaga yang dipimpinnya bekerja mengirim satelit kecil ke orbit dengan kendaraan akses ruang hemat biaya, yang dikenal dengan M-Rocket Series.

Sekadar informasi, National Aeronautics and Space Administration (NASA) adalah lembaga pemerintah milik Amerika Serikat (AS) yang bertanggung jawab atas program luar angkasa AS dan penelitian umum luar angkasa jangka panjang. Organisasi ini bertanggung jawab atas program penelitian luar angkasa bagi masyarakat sipil, aeronautika, dan program kedirgantaraan.

Sejak tahun 2011, NASA memiliki tujuan strategis yaitu memperluas dan mempertahankan aktivitas manusia di seluruh tata surya, memperluas pemahaman ilmiah tentang Bumi dan alam semesta, menciptakan inovasi ruang teknologi baru, penelitian aeronautika terdepan. Selain itu, NASA juga bertujuan mengaktifkan program dan kemampuan institusi untuk melakukan kegiatan keluar-angkasaan dan aeronautika, dan berbagi ilmu pengetahuan dengan tenaga pendidik dan mahasiswa untuk memberikan kesempatan berpartisipasi. (njs/alarabiya/dbs)

Responsive image
Other Article
Responsive image