:
:
News
Salurkan Dana CSR, Bank Syariah Mandiri Dukung Program Cuci Karpet 1000 Masjid

gomuslim.co.id- Dewan Masjid Indonesia (DMI) wilayah Jawa Barat menggagas program Gratis Cuci Karpet 1.000 Masjid. Program ini nantinya akan diselenggarakan selama satu tahun dengan wilayah pemetaan Kabupaten/Kota di Jawa Barat.

PT Bank Syariah Mandiri (BSM) dan Laznas BSM turut serta mendukung program ini. Adapun bentuk dukungan dilakukan melalui pemberian bantuan dana pembelian alat kebersihan dan operasional kebersihan masjid. Penyerahan bantuan senilai Rp 178 juta secara simbolis dilakukan Distribution and Services Director, Edwin Dwidjajanto, kepada Ketua DMI Bandung, Zulkarnaen.

Dalam sambutannya, Zulkarnaen mengatakan, program Gratis Cuci Karpet 1.000 Masjid bertujuan meningkatkan kebersihan dan kenyamanan masjid sebagai upaya meningkatkan pelayanan bagi jamaah. DMI merasa terbantu dengan dukungan dari Bank Mandiri Syariah. Nantinya, bantuan Rp 100 juta digunakan untuk pembelian alat-alat, sedangkan bantuan Rp 78 juta untuk operasional.

"Alhamdullilah, kami merasa senang dan terbantu dengan dukungan dari Mandiri Syariah. Di Indonesia ada lebih dari 885 ribu masjid. Dari jumlah tersebut, 126 ribu atau sekitar 19 persennya ada di Provinsi Jawa Barat (Jabar). Insya Allah masih banyak yang dapat kita lakukan untuk kemakmuran masjid," ujarnya, di Masjid Al Hidayah Setiabudi Regency, Bandung, Senin (23/10/2017).

Sementara itu, Edwin dalam sambutannya mengatakan, bantuan tersebut merupakan salah satu bentuk komitmen kepedulian BSM terhadap lingkungan dan implementasi program corporate social responsibility (CSR).

"Kebijakan CSR di Mandiri Syariah dilakukan melalui pendekatan tripple bottom lines yaitu kinerja ekonomi, lingkungan dan sosial. Kami berharap Mandiri Syariah tidak hanya bermanfaat bagi shareholders yaitu pemegang saham tetapi juga stakeholders yaitu masyarakat dan lingkungan,"

Edwin menambahkan Mandiri Syariah senantiasa berusaha untuk memaksimalkan profit selaras dengan tujuan memberikan kemanfaatan yang sebesar-besarnya bagi masyarakat (people) dan lingkungan (planet). Alasan CSR banyak diarahkan ke kegiatan sarana ibadah, Manajemen menganggap bahwa masjid sebagai tempat ibadah harus bersih dan nyaman. Karena itu, Manajemen berharap di setiap lokasi terdekat dengan cabang Mandiri Syariah, masjid harus bersih dan terawat. 

Ia menjelaskan, tahun ini BSM sedang mengkampanyekan Program BSM Mengalirkan Berkah yang mengajak seluruh stakeholders. Hal ini termasuk nasabah dan pegawai untuk menciptakan nilai tambah dalam bisnis sehingga dengan nilai tambah tersebut dapat memberikan manfaat yang lebih besar kepada masyarakat yang membutuhkan.

BSM sendiri telah menyalurkan bantuan CSR senilai Rp 15 triliun hingga September 2017. Program CSR BSM Mengalirkan Berkah tersebut disalurkan oleh lebih dari 400 outlet Mandiri Syariah seluruh Indonesia. Dana CSR tersebut disalurkan untuk pondok pesanten, bantuan pembangunan masjid, dan PAUD. "Kalau dirinci Rp 15 miliar lebih banyak kepada bantuan untuk pesantren," kata Erwin.

Ia menambahkan tahun lalu BSM menyalurkan dana CSR sekitar Rp 30 miliar. Pada kuartal terakhir tahun ini, BSM masih akan menyalurkan bantuan CSR untuk beberapa program. Termasuk program memberangkatkan 15 marbot beribadah umrah. "Agar marbot tidak hanya bersih-beraih masjid tapi juga semangat lain, masjidnya lebih makmur," tutupnya. (njs/dbs/foto:rep)

 

 

Responsive image
Other Article
Responsive image