:
:
News
Resmikan Gedung Baru Asrama Haji Gorontalo, Menag Apresiasi Kanwil dan Pemda

gomuslim.co.id- Kementerian Agama (Kemenag) meresmikan gedung baru asrama haji Gorontalo. Gedung baru yang dilengkapi fasilitas setara hotel bintang tiga itu berfungsi sebagai balai nikah dan gedung manasik haji. Peresmian dilakukan langsung Menteri Agama (Menag) Lukman Hakim Saifuddin.

Dalam sambutannya, Menag mengapresiasi Kanwil Kemenag Provinsi dan Pemda Gorontalo yang telah membangun dan menghibahkan tanahnya sehingga proses asrama haji ini semakin cepat dan semakin baik. Ia mengatakan, setelah asrama haji tersebut dibangun, harus dipelihara dan dimanfaatkan dengan baik.

"Tugas kita sekarang adalah bagaimana menjaga dan memelihara berbagai sarana dengan memanfaatkannya dengan maksimal," ujarnya, Kamis (12/10/2017).

Pada kesempatan yang sama, Kakanwil Kemenag Gorontalo, Rusman Langke melaporkan bahwa pembangunan asrama haji ini menggunakan anggaran yang bersumber dari skema Surat Berharga Syariah Negara (SBSN). "Gedung baru ini berkapasitas 120 kamar dan berstandar hotel bintang tiga, menggunakan lift dan kuncinya menggunakan kunci yang seperti hotel di Madinah," ucapnya.

Rusman menambahkan,  gedung baru asrama haji berikut ballroom-nya telah digunakan untuk pemberangkatan dan penerimaan jemaah haji tahun 2017 lalu. "Gedung baru asrama haji ini juga telah dimanfaatkan penggunaanya pada penyelenggaraan haji musim tahun 2017 ini," kata Rusman.

Pembanguan asrama haji ini juga melibatkan Tim Pengawalan, Pengamanan Pemerintahan, Pembangunan dan Daerah (TP4D) dari Kejaksaan Tinggi Gorontalo dan Badan Pengawasan Keuangan dan Pembangunan (BPKP).

Selain Asrama Haji, Menag juga meresmikan Balai Nikah dan Manasik Haji di KUA Kecamatan Dumpo Raya Kota Gorontalo, KUA Kecamatan Sumalata Kabupaten Gorontalo Utara dan KUA Kecamatan Buntulia kabupaten Pohuwato.  Menag juga meresmikan 2 Ruang Kelas Baru MAN 1 Kabupaten Pohuwato; 3 Ruang Kelas Baru MAN 2 Kabupaten Gorontalo dan juga Gedung Kantor MAN 1 Kota Gorontalo

Peresmian ini dihadiri keluarga besar Kemenag Provinsi Gorontalo,  Wagub Gorontalo, Dirjen Bimas Islam, Rektor IAIN Gorontalo, Bupati Gorontalo, Walikota Gorontalo, Polda, serta utusan Kejaksaan dan Kodam. (njs/kemenag)

 

Responsive image
Other Article
Responsive image