:
:
News
Puluhan Jemaah Indonesia Masih Dirawat Jelang Masa Akhir Embarkasi Kepulangan Haji 2017

gomuslim.co.id- Kloter terakhir jemaah haji Indonesia akan pulang ke Tanah Air dari Bandara Amir Muhammad Bin Abdul Aziz Madinah pada hari ini Kamis, (05/06/2017). Sementara itu, Kepala Sub Seksi Klinik Kesehatan Haji Indonesia (KKHI) Madinah Ika Nurfarida Sholeh mengatakan hingga Rabu (04/10/2017) tercatat sembilan jemaah masih dirawat di KKHI.

Selain itu, terdapat 31 orang yang masih dirawat di Rumah Sakit Arab Saudi (RSAS). Meski memasuki masa akhir operasional haji di Madinah, Ika menjamin jemaah yang dirawat tetap mendapat perhatian dari pemerintah.

Jemaah sakit yang dianggap telah layak terbang akan segera dipulangkan. Hingga hari ke-14 pemulangan jemaah di Madinah, sudah 177 jemaah haji dan 16 pendampingnya yang diterbangkan ke Tanah Air.

“Nanti yang masih sakit dan tak memenuhi syarat penerbangan akan diurus tim medis Saudi. Perkembangan mereka juga tetap mendapat pengawalan petugas medis berkompeten,” tukas Ika.
Terkait jemaah tanazul (mutasi penerbangan), ada empat jamaah tanazul berbaring (lying down). Dua di antaranya sudah diterbangkan. Sedangkan dua lainnya akan diterbangkan pada hari ini.

Kepala Seksi Layanan Kepulangan Daker Bandara Julian M Isa Tanjung mengatakan berdasarkan Sistem Komputerisasi Haji Terpadu (Siskohat) hingga Rabu pukul 12.00 WAS, sudah 491 kelompok terbang (kloter) yang diberangkatkan ke debarkasinya masing-masing.

“Jumlah jamaah haji yang sudah dipulangkan sebanyak 195.433 orang dan 2.443 petugas haji,” ujar Julian. (nat/dbs/foto:muslimvillage)

Responsive image
Other Article
Responsive image
gomuslim
Get it on the play store