:
:
News
Satukan Sinergi Umat Islam, ‘World Islamic Cultural Festival’ Akan Digelar Tahun Depan

gomuslim.co.id- Pada bulan Juli tahun 2018 mendatang, Keraton Kasepuhan Cirebon bersama Yayasan Festival Islam Internasional (YFII) akan menyelenggarakan World Islamic Cultural Festival (WICF). Acara WICF mengusung tema besar ‘Membangun sinergi untuk kemajuan umat di bidang ekonomi, sosial, budaya dan pendidikan sebagai kontribusi bagi kesejahteraan umat manusia’.

Pembina YFII, Sultan Sepuh XIV PRA Arief Natadiningrat mengatakan World Islamic Cultural Festival ini yang pertama, pihaknya berharap bisa didukung oleh Majelis Ulama Indonesia.

Sultan Sepuh Arief menambahkan, pihaknya  datang ke MUI untuk silaturrahim. Selain itu, di MUI ada divisi kebudayaan, luar negeri dan ekonomi. Keraton Kasepuhan Cirebon dan YFII mengajak MUI bekerja sama dan berpartisipasi dalam acara WICF karena MUI juga memiliki program-program yang sama.

“Jadi, disinergikan programnya agar acaranya dan gaungnya lebih besar,” kata Sultan Sepuh Arief .

Dirinya mengatakan panitia WICF juga akan mengundang 100 tokoh Muslim dunia dari berbagai negara untuk hadir di acara WICF.

“Mungkin yang akan hadir nanti presiden Muslim, raja Muslim, pengusaha Muslim, seniman dan budayawan Muslim serta tokoh-tokoh Muslim lainnya,” ujarnya.

Adapun agenda dalam acara WICF juga akan membicarakan masalah perekonomian, pariwisata, budaya dan lain sebagainya. Selain itu, WICF akan menampilkan pameran produk-produk Muslim dunia, karnaval seni budaya Islam dan lomba memanah tradisional sedunia.

"Kita rencananya tiap tahun penyelenggaraan World Islamic Cultural Festival ini di Cirebon, karena itu kita sinergikan program-program yang ada di MUI dengan WICH," tambah dia.

Sultan Sepuh Arief menyampaikan, Cirebon merupakan pusat syiar Islam dan bumi para wali. Sunan Gunung Jati dan Wali Songo biasa kumpul di Cirebon. Selain itu, Indonesia merupakan negara berpenduduk Muslim terbesar di dunia.

“Maka, Keraton Kasepuhan Cirebon menginginkan Islam yang damai dari Indonesia bisa mendunia. Salah satu caranya melalui WICF 2018,” pungkasnya.

Seperti yang diketahui, kalangan barat selalu memandang miring Islam sebagai agama yang keras dan lain sebagainya. Padahal, Islam agama yang ramah dan damai. Hal inilah yang harus digaungkan sebagai salah satu target utama acara WICF.

Kemudian, dalam pelaksanaannya, Keraton Kasepuhan bersama YFII akan bekerjasama dengan pemerintah, MUI, pihak swasta dan lain-lain. Adapun visi dari WICF adalah menyatukan sinergi umat untuk membangun masyarakat Islam yang kuat secara ekonomi, sosial dan budaya. (nat/dbs/foto:nusantara)

 

Responsive image
Other Article
Responsive image