:
:
News
Kinerja Program KPR Syariah CIMB Niaga Meningkat

gomuslim.co.id- Perbankan syariah Tanah Air mulai menyasar sejumlah pembiayaan. Salah satu produk yang paling banyak diminati adalah Kredit Pemilikan Rumah (KPR) berbasis syariah. Pertumbuhan kredit perumahan kini mulai menuai hasil yang cukup menggembirakan bagi bank syariah dan konvensional.

Salah satunya, Unit Usaha Syariah (UUS) PT Bank CIMB Niaga Tbk misalnya yang mencatatkan setidaknya KPR syariah yang sudah disalurkan sudah mencapai Rp 2,49 triliun. Menurut Direktur Perbankan Syariah CIMB Niaga Pandji Pratama Djajanegara, jumlah tersebut sudah jauh lebih tinggi dibandingkan pencapaian pembiayaan perumahan akhir tahun 2016 sebesar Rp 1,8 triliun.

“Secara year to date (ytd) pembiayaan perumahan UUS CIMB Niaga berhasil membukukan kenaikan hingga 38,33 persen. "Perkembagnan KPR syariah CIMB niaga tahun ini tumbuh sangat baik dibanding tahun lalu," ujar Pandji. 

Selain itu, ia menyebut total portofolio KPR syariah perseroan per akhir September 2017 juga tercatat sudah menyentuh angka Rp 4,76 triliun. Jumlah tersebut tumbuh drastis dibanding tahun lalu yang hanya Rp 2,67 triliun atau tumbuh 78 persen yoy.

Pandji mengatakan pertumbuhan tersebut salah satunya ditopang oleh produk andalan perumahan UUS CIMB Niaga Syariah antara lain KPR Flexi iB berbasis akad Musyarakah Mutanaqishah (MMQ). "Produk ini memiliki keunggulan uang muka yang lebih dibanding KPR konvensional, selain itu jangka waktunya bisa sampai 25 tahun," jelasnya.

Menurut dia, selain karena produk, pertumbuhan KPR syariah CIMB Niaga juga didukung penggunaan bisnis model Dual Banking Leveraging Model (DBLM). Bank yang terafilisasi dengan CIMB Grup ini menilai lewat odel tersebut penjualan produk KPR syariah juga ditawarkan kepada nasabah di cabang-cabang CIMB Niaga konvensional.

Hingga akhir tahun, Pandji optimis total portofolio KPR syariah CIMB Niaga mampu mencapai angka Rp 5 triliun. Jumlah tersebut 42 persen lebih tinggi dibandingkan target awal perseroan yang hanya sebesar Rp 3,5 triliun.

Seperti diketahui, berdasarkan analisis uang beredar yang dirilis Bank Indonesia (BI) per Agustus 2017, pertumbuhan KPR dan Kredit Pemilikan Apartemen (KPA) tercatat sebesar Rp 389,2 triliun, naik 10,4 persen dibanding periode yang sama setahun sebelumnya. Sedangkan pada Juli, kenaikan tahunannya sebesar 9,1 persen.

Sebelumnya, PT Bank CIMB Niaga menargetkan penyaluran kredit pemilikan rumah (KPR) syariah tahun ini bisa tumbuh 50 persen. Jumlah ini lebih sedikit dibanding pencapaian pada 2016 yang sebesar 80 persen.

Pandji P Djajanegara mengatakan, target penyaluran kredit untuk KPR tahun ini adalah sebesar Rp4,5 triliun. Sementara hingga Mei 2017 penyaluran kredit CIMB Syariah sebesar Rp3,9 triliun. Pandji optimistis target penyaluran KPR bisa tercapai. Pasalnya memasuki awal Juni 2017, penjualan yang dilakukan oleh pihaknya masih cukup kencang dan akan terus meningkat tiap bulannya. (njs/cimbniaga/dbs) 

Responsive image
Other Article
Responsive image