:
:
News
Mudahkan Musafir Shalat di Perjalanan, Mahasiswa Indonesia Luncurkan Aplikasi ‘Safarii’

gomuslim.co.id- Salah satu hal yang menjadi kendala dalam melakukan perjalanan jauh adalah shalat. Namun saat ini tidak ada keraguan lagi, pasalnya tiga mahasisawa Fakultas Ilmu Komputer di Universitas Esa Unggul sudah meluncurkan aplikasi untuk shalat safar dengan nama ‘Safarii’ sejak, Rabu (27/08/2017). Aplikasi ini sudah bisa diunduh pada play store yang berguna untuk memandu penggunanya dalam melakukan shalat safar di perjalanan.

Kepala project Alex Gufron mengatakan ‘Safarii’ diluncurkan dengan tujuan memberikan saran kepada penggunanya dalam melakukan ibadah shalat selama di perjalanan.

“Kita membuat suatu aplikasi yang memudahkan pengguna untuk memandu salat safar. Artinya ketika dia dalam safar atau dalam perjalanan tidak khawatir masalah shalatnya karena akan dipandu oleh aplikasi ini,” ujar Alex, Jumat (29/09/2017).

Menurutnya, konsep ini baru pertama kali dikenalkan di Indonesia. Kemunculan ide ini berawal dari dirinya dan kedua temannya saat berdiskusi di masjid untuk membuat suatu aplikasi Islami dalam rangka mengikuti perlombaan MTQMN di Malang.

Walaupun tidak menyabet juara pertama, namun ide yang mereka miliki adalah pertama kali di Indonesia. “Kebanyakan aplikasi islam itu seperti aplikasi zakat, hadist, Alquran. Kalau untuk aplikasi yang memandu shalat dalam perjalanan itu belum ada. Maka muncul idenya dari situ,” kata Alex.

Menanggapi hal tersebut, salah seorang programmer dan analisis aplikasi ‘Safarii’, Ricko Vernanda menambahkan sebagai seorang musafir janganlah sampai melupakan kewajiban shalat. Sebab, lanjut Ricko, Allah telah memberikan kemudahan dengan cara shalat itu diringkas. Maka, melalui aplikasi ini pengguna akan diberikan layanan kemudahan dalam menentukan waktu shalat dan kategori shalat yang dilakukan.

“Kami berpendapat banyak orang-orang ketika mudik tidak mengetahui bagaimana shalat di perjalanan. Mereka masih bingung apakah harus di jama’ atau diqashor. Dengan adanya ‘Safarii’ ini semoga dapat menjadi panduan dan memudahkan penggunanya,” harap Ricko. (nat/dbs/foto:playstore)

 

Responsive image
Other Article
Responsive image
gomuslim
Get it on the play store