:
:
News
Guru Muslim Asal Nigeria Ini Terima Penghargaan Dunia

gomuslim.co.id- Baru-baru ini, seorang guru Muslim asal Nigeria telah memenangkan Penghargaan Pengungsi UNHCR Nansen dari PBB dunia yang bergengsi tahun ini sebagai pengakuan atas upayanya untuk mengajar anak yatim dari pejuang Islam dan tentara Nigeria.

"Mereka adalah teman terbaik. Ini seharusnya menjadi template untuk perdamaian dunia, “  kata Zannah Mustapha dari murid-muridnya.

Mustapha adalah pendiri salah satu dari sedikit sekolah dasar yang tersisa di kota Maiduguri yang bermasalah di Nigeria. Dia juga memainkan peran penting yang diperdebatkan antara pemerintah Nigeria dan pejuang Boko Haram untuk membebaskan 82 gadis Chibok.

Di Future Prowess Islamic Foundation School, guru sukarelawan memberikan para siswa pendidikan gratis, serta makanan gratis, seragam, dan perawatan kesehatan.

"Kami memiliki jumlah anak perempuan terbesar di seluruh wilayah ini," kata Mustapha kepada program Newsday BBC.

UNHCR Nansen Refugee Award menghormati mereka yang memberikan "pelayanan yang luar biasa kepada orang-orang yang terpaksa dipindahkan". Boko Haram, istilah Hausa yang berarti "pendidikan Barat itu berdosa", secara longgar dimodelkan pada Taliban Afghanistan.

Kelompok militan tersebut mengatakan bahwa pihaknya memerangi musuh yang telah menganiaya anggotanya melalui kekerasan, penangkapan atau pengabaian dan korupsi ekonomi. Banyak peristiwa terjadi atas kampanye penembakan dan pemboman terhadap pasukan keamanan dan otoritas di utara sejak 2009. Namun baru-baru ini, sekte tersebut telah melakukan serangan terhadap warga  Kristen dan Muslim. (fau/aboutislam/dbs/foto: bbc)

Responsive image
Other Article
Responsive image