:
:
News
Begini Persiapan Bandara Internasional Jawa Barat untuk Jadi Bandara Halal Travelers

gomuslim.co.id- Seiring berkembangnya pariwisata halal, Indonesia menjadi salah satu negara yang digandrumi oleh para travelers mancanegara, hal ini tak lepas dari para Muslim traveler yang gemar berkunjung.

Dengan adanya hal tersebut, Bandara International Jawa Barat (BIJB), yang berlokasi di kawasan Kertajati, Kabupaten Majalengka, Jawa Barat, bertekad menjadi bandara halal travelers. Itu tak lepas dari rencana BIJB dijadikan bandara pemberangkatan haji dan umroh.

Direktur Utama PT BIJB, Virda Dimas Ekaputra mengatakan setelah beroperasi nanti BIJB akan menjadi bandara yang ramah kepada halal traveler.

"Kami harapkan BIJB menjadi bandara halal traveler, karena tahun lalu, bandara Iskandar Muda di Aceh yang mendapatkan predikat bandara halal traveler. Oleh karena itulah kami berharap, pada 2018 predikat itu bisa diperoleh oleh BIJB," ungkap Virda, seperti yang dilansir dari RMol Jabar (Jawa Pos Grup).

Salah satu upaya agar bisa menjadi bandara halal traveler, BIJB telah melakukan study banding langsung ke Aceh untuk melihat hal apa saja yang membuat Aceh juara.

Ternyata, di sana tersedia berbagai fasilitas yang sangat mendukung semua traveler Muslim. Di antaranya, toilet, mushola yang besar, dan memiliki arah kiblat tersertifikasi.

"Toilet dan tempat wudhunya harus dibuat terpisah. Kami akan buat seperti itu agar bisa mendapatkan award sebagai halal air port," katanya.

Sementara, BIJB, sudah menyiapkan mushola yang luas untuk traveler Muslim. Luasnya, mencapai 142 meter persegi. Dengan jumlah total, ada 15 mushola.

"Kami juga akan membuat pusat keberangkatan haji dan umrah. Kami berharap, fasilitas ini bisa menarik 7 ribu visa perhari yang diterbitkan untuk umroh," katanya.

Sampai sekarang, progres pembangunan bandara yang berdiri di lahan 1.800 hektare tersebut adalah di sisi udara pembangunan runway I sepanjang 3.000 meter sudah selesai. Dan saat ini sedang dalam proses perpanjangan runway I sepanjang 3.500 meter.

“Untuk pekerjaan sisi darat terbagi dalam 3 paket pekerjaan. Hingga September ini, total pengerjaannya sudah mencapai 59,3948 persen. BIJB, menargetkan dari kemajuan bandara ini bisa selesai Desember 2017,” tambah Virda.

Langkah selanjutnya, setelah mengantongi sertifikat operasi bandar udara CASR 139 dan pelayanan navigasi CASR 172. Kemudian dikeluarkan publikasi globaln pada ICIAO bahwa BIJB siap beroperasi, maka pada Februari 2018 bandara akan siap dibuka. (nat/rmoljabar/dbs/foto:bijb)

 

Responsive image
Other Article
Responsive image