:
:
News
Tingkatkan Kinerja Perseroan, BCA Syariah Ekspansi ke Palembang

gomuslim.co.id- BCA Syariah terus melakukan ekspansi ke sejumlah daerah untuk meningkatkan kinerja dan portofolio perseroan. Setelah sukses membuka kantor cabang utama di Kota Medan beberapa waktu lalu, anak usaha PT Bank Central Asia (BCA) Tbk. ini kembali meresmikan cabang barunya di Kota Palembang.

Dalam sambutannya, Presiden Direktur BCA Syariah John Kosasih mengatakan, sejak awal pihaknya sudah punya planing bisnis dengan membidik pembiayaan produktif. Menurutnya, pembiayaan yang akan difokuskan untuk sektor ini diarahkan ke modal kerja dan investasi.

“Market share Palembang ini besar. Dari sisi potensi juga demikian. Awal tahun ini kami sudah buka di medan, dan September ini di Palembang. Kami yakin yang di Palembang juga bagus, sama seperti Medan yang telah buka terlebih dahulu,” ujarnya, Senin (18/9/2017).

Adapun terkait ekspansi di Palembang, ia menjelaskan bahwa hal tersebut menjadi bagian dari implementasi strategi bisnis perusahaan untuk memperluas jaringan layanan, PT Bank BCA Syariah. Kantor cabang BCA Syariah Palembang merupakan kantor layanan ke-52 BCA Syariah dan merupakan kantor cabang pertama yang ada di Sumsel, dengan total aset pada semseter I- 2017 mencapai Rp 5,43 Triliun.

Lebih lanjut, Jhon memaparkan beberapa produk unggulan yang akan ditawarkan antara lain produk simpanan seperti tahapan mabrur iB, produk pembiayaan seperti pembiayaan emas iB, pembiayaan mod kerja iB dan pembiayaan investasi iB. Untuk itu, perluasan jaringan cabang di luar pulau jawa merupakan salah satu strategi pihaknya untuk optimalisasi layanan serta mencapai target pertumbuhan bisnis 2017.

“Kami berharap kehadiran BCA Syariah di Palembang dapat menjadi solusi kebutuhan masyarakat akan produk dan layanan perbankan syariah sekaligus dapat memberikan kontribusi bagi kemajuan perekonomian. Hal ini juga diperkuat dengan meningkatnya aset pada semseter pertama ditahun ini mencapai 25,02 persen dengan nominal Rp 5,43 Triliun (yoy),” jelasnya.

Sedangkan untuk dana pihak ketiga (DPK), menurutnya menjadi salah satu faktor yang memberikan kontribusi terhadap pertumbuhan aset. Pihaknya pun mencatat adanya peningkatan pada DPK mencapai Rp 4,24 Triliun atau tumbuh sebesar 31,79 persen (yoy).

Lalu, untuk penyaluran pembianyaan BCA Syariah mencapai Rp 3,88 Triliun atau tumbuh sebesar 21,09 persen. “Sampai dengan akhir tahun ini kami menargetkan pertumbuhan 15 sampai 20 persen dibandingkan tahun lalu,” tambahnya.

Meski baru memulai di semester kedua, BCA Syariah optimis bakal dapat bersaing, pasalnya bukan hanya layanan dan produk menarik yang di tawarkan, tapi dengan nama BCA yang telah besar, maka dengan nasabah eksisting saja potensinya sudah sangat besar.

“Mereka yang sudah jadi nasabah BCA dan ingin menjadi nasabah syariah tak usah kemana-mana karena disini sudah kantor kita, dan belum lagi dengan market di luar itu. Kami tak bayangkan berapa besar potensi market disini, artinya sangat besar,” paparnya.

Sementara itu, Direktur Pengawasan Jasa Keuangan Otoritas Jasa Keuangan (OJK) Kantor Regional VI Sumbagsel, Sabil mengatakan, market perbankan syariah di Palembang bertumbuh cukup positif. Tercatat hasil kerja hingga Juli 2017, aset perbankan syariah tumbuh sekitar 23 persen atau sekitar Rp7,2 Triliun.

Selain itu, diikuti pula dengan pertumbuhan DPK dan penyaluran pembiayaan. “Dengan bertambanya perbankan syariah lewat kehadiran BCA Syariah dapat kian mendorong pertumbuhan perbankan syariah yang ada di Palembang,” ungkapnya. (njs/sumateraekspres/dbs)

Responsive image
Other Article
Responsive image