:
:
News
Umrah Hajj Moslem Tour Expo Yogyakarta Dorong Perkembangan Paket Wisata Halal Dunia

gomuslim.co.id- Dalam rangka event Umrah Hajj Moslem Tour (UHMT) Expo 2017 yang digelar di Jogja City Mall, pada Sabtu (09/09/2017) Chief Excecutive Officer (CEO) Adinda Azzahra, Priyadi Abadi mengatakan umumnya para pengusaha travel haji umrah saat ini masih fokus di bisnis haji dan umrah.

“Mereka belum menggarap secara serius wisata Muslim atau wisata halal. Mayoritas perusahaan travel haji umrah belum mempunyai produk wisata Muslim. Mereka masih fokus pada umrah dan haji,” ujar Priyadi.

Priyadi menambahkan fenomena itu  juga terjadi pada para peserta UHMT Expo  yang digelar selama empat  hari, 7 sampai 10 September 2017. “Bisa dikatakan, hampir semua peserta pameran belum mempunyai produk wisata Muslim. Mereka masih fokus pada umrah dan haji,” tuturnya.

Karena itu, Priyadi yang juga chairman Indonesian Islamic Travel Communication Forum (IITCF) bersama Asphurindo memanfaatkan kesempatan tersebut untuk menyosialisasikan program edukasi IITCF bersama dengan Asphurindo. Salah satunya adalah membina sumber daya manusia (SDM) wisata Muslim melakuka kegiatan educational trip (edutrip). 

“Hampir semua peserta pameran UHMT  Expo 2017 hadir mendengarkan paparan wisata Muslim dengan sangat antusias,” kata Priyadi.

Sementara, Ketua Umum Asphurindo Syam Resfiadi menilai UHMT Expo 2017 sangat penting dan bermanfaat. “Ajang expo ini adalah edukasi berkelanjutan dari adanya travel-travel  yang baik dan mau memperbaiki diri terutama mereka yang membuka usaha di Jogjakarta dan sekitarnya dan juga kepada calon jamaah umroh atau haji,” tutur Syam.

UMHT Expo 2017 yang menjadi perhelatan akbar pameran penyelenggara haji umrah terbesar di Yogya, Solo, Semarang dan sekitarnya, berjalan sukses. Menghadirkan 25 penyelenggara perjalanan haji dan umrah, pameran menarik setidaknya 5.000 pengunjung.

Ketua Forum Pengusaha Umrah Haji Yogyakarta (Forpuhy), Tanto mengatakan tanggapan dari peserta dan hasil yang diraih ternyata begitu positif, hingga hari terakhir pengunjung expo melimpah hingga lebih dari 5.000 orang yang datang.

Ia pun bersyukur atas capaian ini, yang dianggap telah melampaui target yang sebelumnya ditetapkan. Pasalnya, secara keseluruhan pameran tersebut mampu meraih transaksi Rp 6 miliar dan 300 calon jemaah haji dan umrah. 

“Sejak awal komitmen pameran memang tidak berorientasi bisnis semata, tapi kepada upaya sosialisasi dan edukasi kepada masyarakat. Terutama pengetahuan tentang penyelenggaraan haji dan umrah serta Muslim tur yang baik dan terpercaya,” pungkas Tanto. (nat/dbs/foto:iitfc) 

Responsive image
Other Article
Responsive image
gomuslim
Get it on the play store