:
:
News
‘Wajah Pesantren, Wajah Indonesia’ Jadi Tema Hari Santri Nasional Tahun Ini

gomuslim.co.id- Peringatan Hari Santri tahun ini mengusung tema 'Wajah Pesantren, Wajah Indonesia'. Kota Semarang dipilih menjdi tuan rumah pada acara tahunan yang digelar Kementerian Agama (Kemenag) dan kegiatan akan berlangsung pada 21 Oktober 2017 mendatang.

Direktur Pendidikan Diniyah dan Pondok Pesantren dari Kemenag, Ahmad Zayadi mengatakan tradisi Keislaman dan Ke-Indonesia-an di pondok pesantren tidak bisa dipisahkan. Pesantren merupakan pendidikan keagamaan Islam yang asli tumbuh dan berkembang dari rahim rakyat Indonesia. Selain mengembangkan ajaran agama Islam, pesantren juga memiliki karakter khas Indonesia.

"Jadi mengusung tema ‘Wajah Pesantren, Wajah Indonesia’ karena pesantren tidak bisa dipisahkan dari fenomena Keislaman, Keindonesiaan dan Kebudayaan masyarakat Indonesia," ujar Ahmad. 

Ahmad menambahkan bahwa kiprah pesantren dapat menjadi wadah  melahirkan tokoh-tokoh bangsa dan umat yang memperjuangkan serta mempertahankan kemerdekaan NKRI. Ada sejarah yang luar biasa dibalik Hari Santri.

Ada kisah kepahlawanan kaum santri saat melawan penjajah. Jadi, peringatan Hari Santri sebagai penegasan kembali kepada publik bahwa santri sejak awal memiliki komitmen Kebangsaan, Keindonesiaan dan Keislaman.

"Komitmen Kebangsaan, Keindonesiaan dan Keislaman, ketiga-tiganya itu tidak bisa dipisahkan," tukas dia.

Ada beberapa kegiatan dalam rangkaian acara peringatan Hari Santri 2017, antara lain akan ada lomba-lomba, pembacaan puisi dan launcing pesantren goes to digital application. Jadi data kelembagaan pesantren akan bisa diakses melalui aplikasi. Juga akan ada apel kebangsaan santri Nusantara di Ciwaringin, Cirebon.

Kemudian, puncak acara peringatan Hari Santri akan digelar di Simpang Lima Semarang. Rencananya puncak acara akan digelar pada Sabtu, (21/10/2017) malam. Pada acara puncak akan ditampilkan juga seni budaya lokal untuk mengiringi peringatan Hari Santri.

Selain Kemenag, Asosiasi Pondok Pesantren se-Indonesia, Rabithah Ma’ahid Islamiyah (RMI) PBNU juga akan menggelar peringatan Hari Santri pada 22 Oktober 2017. Pada peringatan hari santri tahun ini, RMI PBNU mengusung tema ‘Santri Mandiri, NKRI Hebat’.

Ketua Panitia Grand Launching Hari Santri 2017, KH Ahmad Athoillah mengatakan pentingnya memperingati Hari Santri, untuk mengingat jasa santri dan ulama.

“Peringatan hari santri juga sebagai upaya memantapkan kembali resolusi jihad dengan menumbuhkan ruhul jihad. Setelah peringatan hari santri pada 22 Oktober 2017, akan dilanjutkan degan kegiatan Jambore Pesantre Expo di Bandung pada 23 sampai 29 Oktober 2017 sebagai rangkaian kegiatan peringatan Hari Santri. (nat/dbs/foto:nuonline)

Responsive image
Other Article
gomuslim
Get it on the play store