:
:
News
Kemenag Pilih Kota Semarang untuk Perayaan Puncak Hari Santri Nasional 2017

gomuslim.co.id- Peringatan Hari Santri Nasional akan kembali digelar tahun ini. Direktorat pendidikan Diniyah dan Pondok Pesantren (PD Pontren) Kementerian Agama pun telah menyiapkan peringatan hari santri ini. Rencananya, puncak Peringatan Hari Santri tahun 2017 akan dipusatkan di Kota Semarang pada tanggal 21 Oktober 2017 mendatang.

Adapun untuk persiapan puncak Hari Santri tersebut, Kasubag TU Dit. PD Pontren Abdul Rouf mewakili Direktur PD Pontren menggelar pertemuan dengan Walikota Semarang, Hendrar Prihadi di Kantor Balaikota Semarang, Jumat (08/09/2017). Dalam pertemuan itu, Abdul Rouf mengharapkan kerjasama dan dukungan Walikota beserta jajarannya untuk suksesnya Peringatan Hari Santri tahun 2017.

“Kami mengharap dukungan kepada bapak Walikota untuk mengizinkan kota Semarang menjadi tempat perhelatan Peringatan Hari Santri,” ujarnya.

Menurutnya, Peringatan Hari Santri merupakan momentum penting peran kontributif santri bagi Negara Kesatuan Republik Indonesia. Dikatakannya, untuk tahun 2017, tema Hari Santri 2017 adalah: Wajah Pesantren, Wajah Indonesia.

Walikota Semarang, Hendrar Prihadi sangat mengapresiasi dan mendukung penuh pelaksanaan Peringatan Hari Santri tahun 2017 yang digelar tanggal 21 Oktober 2017 nanti. “Kami izinkan penggunaan lapangan Simpang Lima Semarang sebagai lokasi puncak Peringatan Hari Santri 21 Oktober 2017,” ucapnya.

Walikota juga berjanji akan membantu publikasi Peringatan Hari Santri tahun 2017 di sejumlah titik media publikasi milik Pemerintah Kota Semarang. Ia juga akan mengintruksikan seluruh jajaran Pemerintah Kota Semarang untuk bahu membahu mensukseskan pelaksanaan Peringatan Hari Santri tahun 2017 di lapangan Simpang Lima Semarang.

Sementara itu, masih dalam rangka memperingati Hari Santri Nasional, Islam Nusantara Center (INC) aman menyelenggarakan Pagelaran Seni Santri Nusantara serta penganugerahan Santri of The Year 2017.

Panitia Penyelenggara, Zainal Abidin mengatakan Hari Santri Nasional adalah bukti dan apresiasi besar untuk para pahlawan santri. “Karena telah berjuang dalam segala bidang untuk tegaknya kemerdekaan RI,” katanya.

Direktur Eksekutif INC Ginanjar A Syaban menjelaskan, acara digelar untuk memberikan penghargaan kepada sejumlah tokoh masyarakat, terutama para santri yang berprestasi dan berdedikasi dalam turut menjaga bangsa Indonesia dan berkarya untuk kemajuan negeri.

“Santri of The Year 2017 ini dimaksudkan untuk menemukan dan menampilkan tokoh pria dan wanita yang telah memberikan sumbangsih prestasi dalam bentuk gagasan inovatif dan sekaligus kerja dan karya juga prestasi bagi pembangunan bangsa dan negara tercinta ini,” jelasnya.

Pemberian penghargaan juga diharapkan mampu membangkitkan motivasi dan dapat memberikan suri tauladan bagi generasi muda serta masyarakat untuk lebih giat membangun negaranya.

Pada puncak penghargaan, INC bekerja sama dengan berbagai pihak khususnya pondok pesantren menampilkan pertunjukan seni dan kreatifitas seperti tari saman, rebana, aksi pagar nusa ,hadroh, sholawat dan lainnya.

Adapun kategori nominasi yang akan dipilih untuk menerima penghargaan antara lain Santri Inspirasi Bidang Seni & Budaya, Santri Inspirasi Bidang Pendampingan Umat (Dakwah), Santri Inspirasi Bidang Pendidikan, Santri Inspirasi Bidang Wirausaha/ Entrepreneur, Santri Inspirasi Bidang Kepemimpinan dalam Pemerintah, Pesantren Salaf Inspiratif, Pesantren Modern Inspiratif, Pesantren Enterpreneur Inspiratif, Santri Berprestasi Tingkat Internasional, Pahlawan Santri, Santri Mengabdi Sepanjang Hayat dan Mahasantri Bhakti Negeri sebagai penghargaan tertinggi.

Sekadar informasi, Hari Santri merupakan hari untuk memperingati peran besar kaum kiai, santri, dan pesantren dalam memperjuangkan kemerdekaan Indonesia. Hari Santri ditetapkan oleh Presiden Joko Widodo lewat Keputusan Presiden Nomor 22 Tahun 2015 tentang penetapan 22 Oktober sebagai Hari Santri Nasional. (njs/kemenag/dbs/foto:ponpesaka)

 

Responsive image
Other Article
Responsive image
gomuslim
Get it on the play store