:
:
News
Fotografer Ini Ubah Pandangan Islamphobia Wanita yang Kenakan Burqa

gomuslim.co.id- Seorang fotografer asal Australia, Fabian Muir meraih penghargaan berkat serial fotonya yang bertema “Blue Burqa”. Hal ini menjadi tidak biasa karena untuk sebagian orang jarang melihat wanita Muslim yang mengenakan pakaian burqa yang menutup kepala sampai kaki dilengkapi jaring-jaring di bagian mata selain di negara yang mayoritas Islam.

Seperti yang dilansir dari publikasi Daily Mail Australia, Muir menyelipkan makna mendalam di balik serial foto tersebut, salah satunya mengenai Islamophobia. Dirinya mengatakan inspirasi fotonya lahir dari politik yang terjadi saat ini. Banyak yang saling bermusuhan karena pengungsi di negaranya dan meningkatnya sentimen anti Muslim. 

"Pengungsi tidak harus dimusuhi dan mereka sebenarnya bisa melengkapi masyarakat Australia agar hidup lebih baik. Beberapa orang di bidang kreatif mungkin meninggalkan Australia begitu saja tapi saya mencoba mengingat dari mana asal saya karena ini negara yang unik dan merupakan bagian penting dari terbentuknya saya sekarang," ujar Muir.

Selama ini ia lebih sering tinggal di Eropa dan mengerjakan proyek foto di sana. Namun melihat keadaan politik di Australia sekarang membuat dirinya tak bisa diam begitu saja. Ia berusaha memberikan inspirasi melalui karya fotonya.

Foto-foto serial yang diciptakannya hanya mengenakan satu model wanita mengenakan burqa warna biru di beragam lokasi. Mulai dari berpose lurus di supermarket Coles, hingga berada di Pantai Bondi, Australia. Ada pula foto di mana wanita pengguna burqa tersebut berjalan di atas padang pasir.

Katanya, pada saat proses pengambilan foto,  ia dan modelnya menempuh perjalanan lebih dari 10 ribu kilometer untuk menciptakan foto yang inspiratif. Selama proses pemotretan, Fabian menuturkan kalau banyak orang di sekitar bertanya ia sedang melakukan apa terutama orang Eropa.

Kemudian ia pun berusaha menjelaskan tentang proyeknya. Muir berharap dengan karya fotonya orang-orang bisa berpikiran lebih terbuka. "Saya harap orang-orang akan berpikir lebih terbuka tentang burqa yang dianggap sebagai penindasan perempuan," tukasnya.

Dirinya sempat kecewa dengan pemerintah Australia yang mendiskusikan tentang larangan penggunaan burqa di Australia. Menurutnya hal tersebut melanggar hak wanita Muslim dalam memilih pakaian.

"Saya percaya dengan takdir. Jadi jika seorang wanita ingin menutupi dirinya sendiri, tidak ada yang harus melarang haknya karena itu tidak merugikan siapa pun," kata fotografer itu. 

Muir juga berusaha memberikan pengertian tentang bagaimana cara wanita yang memakai burqa melihat orang lain. Ada potret yang diambil dari 'kacamata' pemakai burqa saat melihat wanita lain berbikini di pantai. (nat/dailymailaustralia/dbs/foto:fabianmuir)

Responsive image
Other Article
Responsive image
gomuslim
Get it on the play store