:
:
News
Masyarakat Diminta Waspadai Travel Umrah dengan Harga Murah

gomuslim.co.id- Peredaran kasus biro perjalanan haji dan umroh nakal menjadi kekhawatiran tersendiri bagi calon jemaah yang akan menunaikan ibadah ke tanah suci. Hal ini ditanggapi oleh Pelaksana Humas Kanwil Kemenag DI Yogyakarta, Bramma Aji Putra, dikatakannya bila ada agen perjalanan yang menawarkan biaya umroh di bawah 20 juta sudah patut dicurigai.

“Pasalnya, jika dihitung tiket, penginapan, transportasi, konsumsi dan lain-lain biaya itu cukup tidak masuk akal,” ujar Bramma di konferensi pers Umroh Hajj & Muslim Tour Expo 2017, Rabu (06/09/2017).

Lebih lanjut, Bramma menerangkan secara resmi untuk harga eceran terkecil Kabid PHU sudah mengatakan kisarannya 20 juta rupiah, kalau di bawah itu baiknya dihindari.

Hal yang sama juga diutarakan oleh Ketua Forum Pengusaha Umroh dan Haji Khusus Yogyakarta (Forpuhy), Tanto mengatakan untuk pembelian tiket saja mungkin bisa memakan 60 hingga 70 persen total biaya umroh. Maka itu, jika satu tiket sekitar 13 juta, ia merasa tidak mungkin bisa biaya umroh 15 apalagi 14 jutaan.

Dirinya menilai, minimnya pengetahuan masyarakat tentang ini tidak jarang malah membuat banyak orang tergiur harga yang tidak masuk akal itu. Belum lagi, masa tunggu haji di Indonesia yang begitu lama, membuat tidak sedikit orang yang kalap ingin segera ke Tanah Suci dengan berumroh dengan biaya murah.

“Kasus First Travel rasa-rasanya tidak mempengaruhi tingginya minat umat Islam di Indonesia untuk pergi ke Tanah Suci. Namun, akibat kasus itu belakangan masyarakat semakin hati-hati dan lebih memilih jika ingin mendaftar umroh,” pungkasnya.

Dengan adanya kasus tersebut, kata Tanto, masyarakat mulai selektif, dan bisa tanya kode boking, tanggal berangkat, bahkan kalau sesuai peraturan itu harus ada akad.

Sementara, untuk aspek tiket, Asosiasi Penyelenggara Haji Umrah dan Inbound Indonesia (Asphurindo), memiliki cara tersendiri untuk menanggulanginya. Wasekjen Asphurindo, Wawan Setiawan menuturkan asosisinya memberikan fasilitasi dengan 31 ribu tiket terlebih dulu sebelum jemaah terkumpul.

"Biasanya, tunggu jemaah terkumpul baru pesan tiket, Asphurindo pesan 31 ribu tiket dulu sehingga tanggalnya sudah pasti, dan 31 ribu tiket itu bisa digunakan travel-travel anggota," kata Wawan.

Kementerian Agama sendiri sudah memberikan kiat-kiat memilih travel agen umroh dan haji yang baik melalui Lima Pasti. Lima Pasti terdiri dari pasikan izinnya, pastikan visanya, pastikan jadwal keberangkatan dan tiket, pastikan akomodasi seperti penginapan dan pastikan transportasi. (nat/dbs/foto:arminareka)

 

Responsive image
Other Article
Responsive image
gomuslim
Get it on the play store