:
:
News
Desainer Berniqab Ini Populerkan Cadar Poni Hingga Mata Elang

gomuslim.co.id- Penggunaan cadar atau niqab mulai digemari oleh Muslimah muda yang memutuskan hijrah dengan bercadar. Melihat adanya respon positif itu, desainer bercadar populer Indonesia, Diana Nurliana, berencana untuk mengeluarkan brand khusus niqab.

Salah satu pendiri komunitas Niqab Squad itu menuturkan kalau tak hanya ibu-ibu berhijab yang tertarik untuk bercadar, kini Muslimah muda telah memutuskan berniqab.

Mengenai niqab atau cadar, ada beberapa jenis yang perlu diketahui hijabers. Seperti halnya kerudung, niqab juga punya beragam jenis model yang biasa diaplikasikan niqabis (sebutan untuk wanita bercadar) Indonesia. 

Diana menuturkan adapun tipe niqab yang menjadi favorit Muslimah Indonesia adalah Yaman. Cadar Yaman merupakan model niqab khas Timur Tengah yang dipakai dengan cara diikat ke belakang. 

"Cadar ini berasalnya dari Timur Tengah memang mereka punya ciri khas masing-masing tergantung culture mereka juga. Yang terkenal di Indonesia itu cadar Yaman yang mungkin sekarang sudah banyak yang pakai, cara pakainya diikat ke belakang. Kalau misalnya yaman long itu biasanya bentuk cadar yang diikat tapi dua lapis dan cara pakainya dikebelakangin tapi ada juga yang langsung disampingkan," papar Diana.

Tak hanya cadar Yaman, jenis cadar lainnya adalah cadar poni, yang memiliki model khas di bagian dahi. Jadi saat cadar diikat ke belakang kepala maka bagian atasnya berbentuk seperti poni rata sejajar dengan alis, bisa sedikit di tarik ke atas maupun ke bawah tergantung selera.

Kemudian, ada pula tipe cadar bandana yang sangat simpel hanya satu lapis dan diikat ke belakang. Berbeda dengan cadar model eagle eyes yang memiliki ciri khas di bagian mata. Terdapat stripe di tengah hidung antara kedua mata.

"Kalau eagle eyes ada stripe di depan matanya yang membuat matanya seperti eagle memang," tambahnya.

Sementara itu, ada pula yang disebut half niqab itu hanya cadar saja. Namun Diana juga menyebutkan kalau beberapa wanita yang baru belajar bercadar dan hanya memakainya di berbagai acara tertentu bisa disebut sebagai half niqab.

"Half niqab itu sebenarnya juga bisa sebutan untuk orang yang menggunakan niqab di event-event tertentu. Jadi dia mengambil niqab itu sunnah dia bisa pakai kapan saja," pungkas Diana. (nat/dbs/foto:instagram)

Responsive image
Other Article