:
:
News
Program Gratis Save a Life Saudi Jangkau Ratusan Jemaah Haji

gomuslim.co.id- Selama musim haji program medis bebas biaya Save a Life dari pemerintah Arab Saudi telah menjangkau ratusan jemaah. Sementara itu, kementerian masih menggaungkan pelayanan ini sebagai salah satu program unggulannya.

 Save a Life termasuk di antaranya tindakan medis operasi seperti operasi dan kateterisasi jantung, dialisis ginjal, endoskopi gastrointestinal, dan melahirkan. Menurut Kementerian Kesehatan Arab Saudi, total sudah 1.700 prosedur diterapkan pada jamaah.

"Rumah sakit di Makkah dan Madinah telah melakukan 355 prosedur kateterisasi dan 19 operasi pembukaan jantung pada jamaah haji," katanya seperti yang dilansir dari publikasi Arab News, Rabu (30/08/2017).

Hal ini dilakukan sejak awal musim haji awal Agustus lalu. Sementara itu pelayanan kesehatan pemerintah juga telah melancarkan 1.277 prosedur dialisis, 72 operasi binokuler dan 454 operasi umum. Selain itu, jumlah pasien yang masuk unit darurat di Makkah dan Madinah telah mencapai 18.436 orang.

Sementara jumlah pengunjung klinik mecapai 188.402 orang. Sekitar 2.000 jamaah dirujuk ke rumah sakit. Sebanyak 32 kasus tercatat merupakan kasus terkait cuaca, seperti karena tekanan suhu dan sengatan panas.

Kendati demikian, selama musim haji, kementerian juga menyiapkan 100 ambulans kecil yang bekerja sebagai unit perawatan intensif mobile, 80 ambulans besar dengan perlengkapan canggih serta 29 ribu praktisi medis. (nat/dbs/foto:republika)

Responsive image
Other Article
Responsive image