:
:
News
Sambut Hari Raya Idul Adha, Pemprov Maluku Gelar Festival Budaya Islam

gomuslim.co.id- Hari Raya Idul Adha 1438 H tinggal beberapa hari lagi. Beragam acara dilakukan dalam rangka menyambut hari raya terbesar kedua dalam Islam ini. Salah satunya dilakukan Pemerintah Provinsi (Pemprov) Maluku dengan menggelar Festival Budaya Islam. Kegiatan ini merupakan upaya untuk menjaga dan merawat tradisi budaya Islam di daerah tersebut.

Ketua Panitia Festival Budaya Islam, Natalia Wika mengatakan kegiatan ini dilaksanakan sebagai upaya untuk merawat budaya seiring perkembangan zaman. “Potret budaya Islam Maluku ditampilkan dalam kegiatan ini dengan warna berbeda, dengan tujuan untuk membangkitkan kembali kecintaan generasi muda akan budaya Islam yang hampir punah,” ujarnya kepada MalukuPost, Senin (28/08/2017).

Lebih lanjut, ia menuturkan Festival ini dimulai dengan karnaval budaya yang dimulai dari Tanah Lapang Kecil (Talake) dan berakhir di pelataran masjid raya Alfatah Ambon. Di Pelataran Masjid Raya Alfatah, peserta menampilkan berbagai tarian bernuansa Islam, pagelaran yang ditampilkan dalam festival ini di antaranya Festival Hadrat, pameran fotografi Wajah Islam Maluku, Budaya dabus serta tarian samrah.

"Festival ini diikuti ratusan peserta mulai dari anak-anak, remaja hingga orang dewasa dari berbagai paguyuban desa dan negeri Muslim di Kota Ambon juga kabupaten Maluku Tengah," kata dia.

Selain itu, ditampilkan seni hadrat yang merupakan alkulturasi budaya Arab. Hadrat sendiri merupakan kolaborasi antara gerakan tubuh, tabuhan rabana serta alunan Shalawat Nabi Muhammad SAW. Dia menjelaskan, antusias peserta dalam mengikuti festival ini sangat tinggi sebagai upaya untuk menjaga tradisi budaya khususnya Umat Muslim di Maluku.

Festival ini juga selain merawat tradisi budaya,sekaligus memahami warna keberagaman tradisi Islam di Maluku. "Akhir-akhir ini banyak anak muda yang mulai lupa dengan budaya Islam di Maluku, misalnya hadrat sudah jarang sekali ditampilkan. Untuk itu kami melakukan kegiatan ini untuk mengenalkan lagi hadrat kepada generasi muda agar terus terjaga," ujarnya.

Sementara itu, masih terkait perayaan Idul Adha 1428 H, Presiden Joko Widodo membantu seekor hewan kurban jenis sapi untuk umat Islam di Maluku. "Sapi bantuan Kepala Negara telah diberitahukan oleh pihak istana negara untuk nantinya diserahkan Gubernur Maluku, Said Assagaff mewakili Presiden Jokowi," kata Kabag Humas Setda Maluku, Bobby Palapia beberapa waktu lalu.

Hewan kurban itu sedang dalam pembicaraan dengan pihak istana negara untuk pengadaannya sebagaimana perayaan Idul Adha 1437 Hijriah. "Gubernur Said atas nama Pemprov maupun masyarakat Maluku menghaturkan terima kasih atas 'talih kasih' dari Presiden Jokowi kepada umat Islam di daerah ini," ujar Bobby.

Hewan kurban bantuan Presiden diserahkan oleh Gubernur Said kepada Masjid Raya Alfatah, Kota Ambon. "Sapi bantuan Pak Presiden untuk perayaan Idul Adha 1437 Hijriah seberat 800 kg yang diserahkan Gubernur Said ke Iman Masjid Raya Alfatah Ambon," kata Bobby.

Presiden saat ini mengarahkan hewan kurbannya dipotong pertama kali, selanjutnya dibagikan kepada umat Islam yang berhak menerimanya. Bobby mengemukakan, Gubernur Said pastinya menyerahkan hewan kurbannya kepada pengelola masjid yang ada di Pulau Ambon. (njs/dbs/foto:malukupost)

 

Responsive image
Other Article
Responsive image