:
:
News
Kemenag Jawa Tengah Imbau Jemaah Haji Patuhi Jadwal Lempar Jumrah

gomuslim.co.id- Sebuah imbauan disampaikan oleh Kepala Kanwil Kementerian Agama (Kemenag) Jawa Tengah, Farhani, agar mengingatkan jemaah haji untuk mematuhi jadwal melempar jumrah yang telah dibuat oleh Pemerintah Saudi. Disiplin pada jadwal itu perlu dilakukan untuk menghindari insiden Mina 2015 terulang lagi.

Berkaitan dengan hal tersebut, Pemerintah Arab Saudi menetapkan regulasi terkait waktu yang dilarang bagi jemaah untuk melakukan jumrah. Hal tersebut dilakukan agar tidak terjadi penumpukan jemaah di waktu yang sama.

"Agar pelaksanaan ibadah haji bisa lancar, aman dan nyaman. Jadi jemaah harus patuh, agar peristiwa Mina 2015 lalu tidak terjadi lagi," ujar Farhani.

Waktu yang dilarang bagi jemaah asal Indonesia, yakni 10 Zulhijah 1438 pukul 06.00 sampai 10.30 Waktu Arab Saudi (WAS). Tanggal 11 Zulhijah 1438 pukul 14.00 sampai 18.00 WAS. Kemudian 12 Zulhijah 1438 pukul 10.30 sampai 14.00 WAS.

"Aturan itu sudah dikaji oleh pemerintah Arab Saudi. Tidak mungkin jemaah asal Afrika dijadwalkan bareng dengan Asia. Karena kita tahu itu akan berdesak-desakan, pasti kita kalah postur," ungkap dia.

Pihaknya  juga mengingatkan kepada seluruh petugas, baik pembimbing haji, petugas daerah kerja, ketua regu, maupun ketua rombongan untuk mengawasi rekan-rekannya supaya patuh pada ketentuan.

"Sebenarnya kata kuncinya itu patuh. Sudah kita siasati dibikin pecah-pecah, ada ketua rombongan, ada ketua regu. Harapannya jemaah bisa lebih mudah berkoordinasi dengan ketuanya," pungkas Farhani. (nat/dbs/foto:detik) 

Responsive image
Other Article
Responsive image