:
:
News
Gelar Aksi Sosial, Warga Muslim Inggris Masak Samosa Terbesar di Dunia untuk Tunawisma

gomuslim.co.id- Baru-baru ini,  Komunitas Amal warga Muslim Inggris terkemuka telah membentuk, menggoreng, dan menyajikan samosa terbesar di dunia di sebuah masjid di London Timur untuk membantu memberi makan para tunawisma.

Farid Islam (26), penyelenggara proyek dari Muslim Aid mengatakan kepada Agence France Presse (AFP), dirinya dan tim relawan merasa tertantang melakukan kegiatan sosial yang baru mereka lakukan tahun ini. 

Islam adalah satu dari hampir selusin sukarelawan dari badan amal Muslim Aid UK yang membangun samosa raksasa itu kemudian menggorengnya dalam tong yang besar di Masjid London Timur. Samosa itu dibangun di atas tempat memasak raksasa, lalu dimasukkan ke dalam tong minyak goreng sebelum ditarik keluar untuk ditimbang.

Rekor dunia untuk samosa terbesar ini berhasil mengalahkan makanan ringan Asia yang populer dengan berat 153.1 (337,5 pon) kilogram. Juri dari Guinness World Records siap untuk mengawasi proses tersebut dan memastikan bahwa mega-samosa lulus tes yang diperlukan. Rekor sebelumnya sebesar 110,8 kg ditetapkan oleh Bradford College di Inggris utara pada bulan Juni 2012.

Begitu samosa dicabut, dan setelah menimbang berat badan, petugas keamanan makanan independen, yang menjalani proses pemeriksaan juga memberikan tes rasa. Sebuah jempol sederhana memicu sorak sorai di sekitar aula.

"Ini adalah pencapaian yang sangat bagus," pungkas juri Guinness World Records, Pravin Patel.

Penyelenggara Islam mengatakan itu adalah tantangan berat.

"Awalnya saya pikir itu akan menjadi sepotong kue: kusatukan, mengikat ujungnya dan menggorengnya. Ketika saya menyadari tidak ada satu pun panci di negara ini yang bisa menahan beban itu, kami harus menyiapkan sesuatu yang lain dmei menolong saudar-sauda kita para tunawima, “ jelas Farid.

Pembuatan Samosa raksasa ini memakan waktu sekitar 15 jam kerja. Selanjutnya, samosa dipotong sampai ratusan bagian untuk didistribusikan ke tunawisma lokal melalui Salvation Army. (fau/afp/dbs/foto: aboutislam)

Responsive image
Other Article
Responsive image
gomuslim
Get it on the play store