:
:
News
Angkat Tema Perdamaian, Kementerian Haji dan Umrah Arab Saudi Gelar Simposium Internasional Tahun Ini

gomuslim.co.id – Menteri Haji dan Umrah Arab Saudi Mohammed Saleh Benten akan membuka acara simposium internasional yang akan diselenggarakan pada Sabtu 4 Dzulhijjah (26/08/2017) mendatang. Simposium yang diadakan setiap musim haji ini mengangkat tema “Ritual Haji Sebagai Platform Perdamaian dari Tanah Suci”.

Seperti dilansir Saudi Press Agency, Selasa (23/08/2017), Doktor Teknik Komputer lulusan Universitas Colorado ini menyampaikan, pengangkatan tema perdamaian pada simposium kali ini menegaskan bahwa Kerajaan Arab Saudi ingin menyebarkan nilai-nilai Islam yang toleran.

“Simposium kali ini sangat penting dalam rangka menyebarkan wacana moderasi dan toleransi serta solidaritas di antara seluruh bangsa,” jelas Saleh Benten. Simposium yang akan berjalan selama dua hari ini akan membahas lima subtema.

Kelima subtema tersebut adalah Islam dan Perdamaian, Haji dan Perdamaian, Pesan Perdamaian dan Haji Wada Nabi, Kontribusi Kerajaan Arab Saudi dalam Menanamkan Pesan Perdamaian, dan Aplikasi Media Digital dan Dampaknya terhadap Layanan Haji.  

Saleh Benten menegaskan simposium ini juga bertujuan untuk memperkuat hubungan erat di antara para ilmuwan dan pemikir Islam dari berbagai belahan dunia. Selain itu, kata Benten, simposium ini juga diharapkan menjadi bukti keseriusan Arab Saudi dalam memberikan layanan terbaik terhadap jemaah haji dari seluruh dunia.

Seperti dilansir dari laman resmi Kementerian Haji dan Umrah Arab Saudi, simposium tahunan ini digelar sejak tahun 1970. Namun demikian, gelaran resmi simposium internasional ini baru diterkordinasi dengan baik pada tahun 1977. Karena itu, simposium kali ini merupakan simposium ke-42 yang terkordinasi dengan baik.

Dalam setiap tahunnya, tema yang diangkat berbeda-beda sesuai isu yang sedang menghangat di dunia internasional. Kondisi Timur Tengah yang sedang mengalami transisi politik dan perang saudara membuat Pemerintah Arab Saudi merasa penting mengangkat tema perdamaian dalam momen haji kali ini.

Simposium tahunan ini dapat diikuti para ilmuwan dari berbagai belahan dunia. Penyerahan makalah utuh satu bulan sebelum Dzulhijjah merupakan salah satu syarat terpenting mengikuti simposium ini.

Penulisan makalah dapat ditulis dalam bahasa Arab atau Inggris dengan ketentuan teknis yang ditetapkan panitia penyelenggara. Bila berminat mengikuti simposium ini, calon peserta dapat menghubungi langsung Kementerian Haji dan Umrah Arab Saudi sedini mungkin sebelum musim haji tiba. (ihs/dbs/foto: saudi press agency)

Responsive image
Other Article
Responsive image