:
:
News
Pangeran Khaled Al Faisal Apresiasi Raja Salman Terkait Sejumlah Proyek Fasilitas Jemaah Haji di Tanah Suci

gomuslim.co.id– Pangeran Khaled Al Faisal mengumumkan bahwa jumlah jemaah haji pada tahun ini diperkirakan mencapai 2.038 juta jiwa. Menurut Penasihat Kerajaan Arab Saudi ini, jumlah tersebut meningkat,11% dari tahun lalu. Jumlah tersebut, kata Ketua Komite Haji Pusat ini, sudah termasuk warga Qatar sebanyak 443 jemaah haji yang berangkat melalui Perbatasan Salwa, seperti dilaporkan Saudi Press Agency, Senin (21/08/2017).

Saat jumpa pers di Kantor Kerajaan di Muzdalifah, Pangeran Khaled menyampaikan apresiasinya kepada Raja Salman dan wakilnya, Pangeran Mohammed bin Salman. Pemerintah Arab Saudi saat ini, kata Pangeran Khaled, telah berupaya keras mengejar proyek fasilitas jemaah haji.

Selain itu, Gubernur Mekah ini juga mengucapkan terimakasih kepada Menteri Dalam Negeri Arab Saudi, Pangeran Abdul Aziz bin Saud bin Nayef. Dalam hal ini, Pangeran Abdul Aziz bin Saud telah mendukung dan mengarahkan Komite Haji Pusat dan Otoritas Pembangunan Mekah dalam melayani para jemaah haji.

Pangeran Khaled juga berterimakasih kepada media yang selalu sigap menyampaikan informasi aktual seputar haji. Selain itu, Pangeran Khaled juga mengapresiasi pihak keamanan yang sigap menjaga keselamatan jemaah haji.

Pangeran Khaled menyampaikan, jumlah jemaah haji yang tiba di Tanah Suci hingga sore kemarin mencapai 1.207.000 jiwa. Sementara itu, Pemerintah Arab Saudi, kata Pangeran Khaled, berhasil menangkap 64 travel haji illegal, 235.154 pelanggar peraturan haji. Selain itu, Pemerintah Saudi juga menghentikan 120.000 transportasi haji tak layak dan 1899 oknum petugas transportasi.  

Seiring mengingkatnya jumlah jemaah haji, Pangeran Khaled mengatakan, Otoritas Pembangunan Daerah Mekah saat ini sedang mengerjakan 14 proyek pembangunan di Mekah. Biaya pembangunan tersebut ditaksir mencapai 300 juta real Arab Saudi.

Pemerintah Arab Saudi juga menggelontorkan uang untuk Pusat Akomodasi di Masyair Muqaddasah (Arafah, Mina, dan Muzdalifah). Selain itu, Pemerintah Arab Saudi juga mengerahkan 30 ribu personel terkait pengolahan 9 ribu ton daging kurban dan mengolah kotoran hewan kurban menjadi pupuk organik.

Pemerintah Arab Saudi telah menyiapkan rencana untuk memfasilitasi masuknya jemaah haji dari Arafah menuju Muzdalifah. Menurut Pangeran Khaled, beberapa proyek perluasan Masyair Muqaddasah saat ini sudah mencapai tahap akhir.

Pangeran Khaled mengontrol sejumlah proyek penunjang jemaah haji lainnya yang masih berjalan hingga kini, seperti proyek pembangunan jembatan pejalan kaki di dekat Rumah Sakit Mina Al-Wadi, proyek pemisahan jalur pejalan kaki dan bus di Muzdalifah, proyek pengembangan situs di puncak daerah jemaah haji Turki, proyek pembangunan jembatan untuk memudahkan pergerakan beberapa bus di gerbang Arafah, proyek pembangunan tangga beton, dan pembangunan menara pengontrol keamanan di Jabal Rahmah. (ihs/Saudi press agency/foto: Saudi press agency)

Responsive image
Other Article
Responsive image
gomuslim
Get it on the play store