:
:
News
Ingin Ubah Pola Pikir Perempuan, Hijaber Ini Menikah Tanpa Makeup

gomuslim.co.id- Sebagian wanita ingin tampil cantik dengan makeup di hari pernikahannya. Namun tidak dengan mempelai wanita berhijab yang kini viral di dunia maya setelah ia mengunggah foto pernikahannya tanpa makeup.

Dialah Tasnim Jara asal Bangladesh. Pada foto yang diunggahnya sudah dibagikan lebih dari 29 ribu kali dan mendapat 114 ribuan likes. Tasnim tampil polos tanpa menggunakan riasan sedikit pun. Ia memakai gaun pengantin Muslim bernuansa putih. 

Sedangkan, hijabnya juga dibuat sederhana hanya ditambahkan kain sari. Tasnim mengaku memakai katun sari milik neneknya. Kemudian terlihat pula dirinya yang tidak mengenakan perhiasan untuk memberikan kesan glamour atau elegan ketika menikah.

Dirinya mengaku sering mendengar orang lain membicarakan pengantin saat menghadiri resepsi temannya. Hal ini membuatnya berpikir beda dan akhirnya memutuskan untuk tidak menggunakan makeup ketika menikah.

"Aku hampir tidak pernah tidak mendengar orang-orang bergosip tentang pengantin saat menghadiri pernikahan. Apa makeup pengantinnya cantik? Berapa emas yang dia miliki? Pertanyaan-pertanyaan itu tumbuh sehingga membuat wanita lainnya merasa tertekan agar bisa mendapatkan makeup artist terbaik dan membayarnya dengan sejumlah uang besar hanya takut omongan orang lain. Bahkan dia juga rela tidak terlihat seperti dirinya," tulis Tasnim di lama Facebook pribadinya.

Namun, dengan penampilan berbedanya memiliki dampak kurang menyenangkan dari beberapa pihak. Tasnim menuturkan kalau sejumlah kerabat tidak ingin berfoto dengannya karena tak pakai makeup.

Meski demikian, Tasnim tidak merasa keberatan. Ia melakukan semua itu untuk mengubah pola pikir masyarakat sekarang. Seorang wanita tidak perlu menggunakan lotion atau kalung emas ketika menikah. Tanpa semua itu, wanita juga tetap bisa menikah dan tampil percaya diri.

"Secara pribadi, aku rasa perlu mengubah pola pikir ini. Seorang gadis seharusnya tidak perlu lotion pemutih, kalung emas, kain sari yang mahal ketika menjadi pengantin untuk membuatnya percaya diri. Aku merasa terganggu dengan itu. Penampilan pengantin wanita yang serba mewah tidak berarti menggambarkan kesejahteraan finansialnya, begitu pula dengaku," kata dia.

Sementara itu, unggahan tersebut memicu perdebatan ebagian netizen. Banyak yang berpikir kalau tak sedikit keluarga menghabiskan biaya dalam jumlah besar untuk menggelar pernikahan. Bahkan ada yang sampai berhutang demi pesta pernikahan mewah. 

Penampilan Tasnim Jara yang polos menjadi viral dan menuai ragam komen. Ada yang memberikan komentar negatif dan positif kepadanya. Terdapat lebih dari 1.500 komentar yang rata-rata setuju dengan pendapat Tasnim. 

Kemudian, ada pula netizen yang mengatakan kalau Tasnim tak berhak mengkritik orang lain yang mengeluarkan uang mereka untuk menggelar pernikahan. Biar bagaimanapun lebih banyak yang mendukung sikap Tasnim ini.

"Itu langkah yang mengagumkan. Aku juga tidak suka dengan budaya itu," tulis salah seorang netizen. (nat/facebook/dbs/foto:detik)

Responsive image
Other Article
gomuslim
Get it on the play store