:
:
News
Din Syamsudin : Ini Empat Kekuatan Utama Umat Islam Dunia

gomuslim.co.id- Ketua Dewan Pertimbangan Majelis Ulama Indonesia, Din Syamsuddin mengatakan umat Islam punya kekuatan besar untuk menciptakan peradaban baru pada dunia. Ia menyebut setidaknya ada empat sumber daya yang dimiliki Islam saat ini yang tidak dimiliki oleh agama mana pun.

Pertama, kata Din, Islam mempunyai sumber daya manusia (SDM) yang sangat besar. Hal ini terlihat dari data pemeluk agama Islam saat ini. “Islam adalah agama kedua terbesar di dunia dengan populasi lebih dari 1,6 miliar,” ujarnya dalam Seminar Internasional bertajuk ‘Peran Universitas Dalam Penguatan Pemikiran Islam Moderat’ di Universitas Al Azhar Indonesia, Kebayoran Baru, Jakarta, Senin (14/08/2017).

Selain SDM, kekuatan kedua yaitu dari sumber daya alam. Ini terlihat dari beberapa negara Islam yang kaya raya. “Kita lihat saja negara-negara Islam seperti Arab Saudi, Qatar, Uni Emirat Arab bahkan Indonesia adalah negara yang sangat kaya akan sumber daya alamnya,” sambungnya.

Ketiga, Islam mempunyai sumber daya nilai yang sangat kaya. “Islam adalah agama yang menggerakan peradaban dunia. Etika Islam sebenarnya sangat kuat, hanya saja masih tersembunyi dalam kitab suci, belum sepenuhnya terpraktekan oleh umat,” paparnya.

Keempat, Islam kaya akan sumber daya sejarah. Islam, kata Din, pernah mengalami kejayaan yang sangat besar. “Keempat kekuatan ini masih terbayang-bayang dengan banyaknya masalah di internal seperti kemiskinan, kebodohan dan tingkat belajar yang masih rendah. Umat Islam juga masih terkendala dengan sulitnya bersatu,” ungkapnya.

Meski demikian, mantan Ketua Umum PP Muhammadiyah ini mengapresiasi seminar yang digagas UAI dengan Organisasi Internasional Rabithah Alam Islami. Ia berharap organisasi ini dapat meningkatkan perannya dalam rangka mempersatukan negara Islam dan umat Islam.

“Acara ini bagus penting karena masalah Global yang dihadapi umat Islam adalah sulitnya persatuan. Oleh karena itu kita berharap organisasi Islam internasional seperti rabithah Alam Islami bisa lebih meningkatkan perannya lagi. Apalagi, ” harapnya.

Pada kesempatan yang sama, Sekretaris Jenderal (Sekjen) Rabithah Al Alam Al Islami (Liga Islam Dunia), Dr. Muhammad bin Abdulkarim Al ‘lsa mengatakan salah satu penyebab terpuruknya umat Islam dunia saat ini adalah karena berpecah belah sesama Muslim. Seharusnya, umat Islam bisa disatukan dibawah satu Kalimat Tauhid.

“Perbedaan di antara manusia adalah Sunnatullah, namun hendaknya umat Islam bisa bersatu dengan kalimat tauhid, dan jangan berpecah belah,” ujarnya.

Abdul Karim pun mengatakan seluruh perguruan tinggi di dunia, harus ada ulama-ulama dan pemikir Islam yang bergerak untuk melaksanakan tanggungjawab syariahnya berupa menyatukan dan menyadarkan kesesatan penyelewengan terhadap Islam.

“Maka sebaiknya kita mengadakan muktamar, dan pertemuan-pertemuan, jangan ada di dalam Islam fanatisme terhadap satu kelompok atau partai tanpa mencintai yang lainnya,” ujarnya.

Ia pun mengungkapkan, dengan tidak adanya fanatisme itu, setiap kita bisa mengetahui beragam keilmuan yang bisa jadi bermanfaat untuk kedepannya. Rasul pun tau bahwa perbedaan adalah sunnatullah, jadi harus dimasukkan dalam positif, saling bertukar keilmuan, dan menjalankan perintah Allah. Bahwa kita tidak dilarang kepada yang tidak memerangi kita untuk berbuat baik kepada mereka.

“Siapa yang berbeda agama dari kita, berbuat baik pada mereka, inilah keadilan dari Islam untuk seluruh jagad,” terangnya.

Kewajiban kita, disebutnya, menjelaskan hakikat Islam kepada mereka non Islam, bukan menjadi kewajiban bagi kita untuk memasukkan mereka kepada Islam, tapi kita wajib menerangkan kepada mereka tentang Islam, dan wajib berlaku dengan prilaku baik.

“Terakhir, saya berharap Universitas ini (Al Azhar Indonesia, red) menjadi tolak ukur dan markas dalam memahami hakikat Islam dan menjelaskan pada masyarakat dengan mengadakan muktamar kepada seluruh manusia, untuk mewujudkan itu, kami siap bekerjasama,” pungkasnya. (njs/foto:tempo)

Responsive image
Other Article
Responsive image
gomuslim
Get it on the play store