:
:
News
Serukan Islam Moderat, Universitas Al Azhar Indonesia dan Liga Muslim Dunia Gelar Seminar Internasional

gomuslim.co.id- Universitas Al Azhar Indonesia (UAI) bersama Rabitha Al Alam Al Islami (Liga Muslim Dunia) menggelar seminar Internasional 'Peran Perguruan Tinggi dalam Penguatan Pemikiran Islam Moderat, di kampus UAI Jakarta Selatan, Senin (14/08/2017).

Hadir dalam seminar ini Ketua Pembina YPI Al Azhar, Prof. Dr Jumly Asshiddiqie, Wakil Ketua MPR RI, Dr Hidayat Nur Wahid, MA, Ketua Dewan Pertimbangan MUI, Prof. Dr. Din Syamsuddin, MA, Gubernur Terpilih DKI Jakarta, Dr Anies Rasyid Baswedan, Ph.D, Ketua AMKI, Prof. Dr. Hermawan K. Dipojono, Ph.D, Doktor Bidang Filsafat dan Perbandingan Agama Universitas Malaya, Malaysia, Dr. Hani Ali Albalawi, Direktur Al Wasatiyyah Research Center, Dr. Ali Samoh.

 Dalam pemaparannya, Sekretaris Rabithah Al Alam Al Islam, Muhammad bin Abdulkarim Al Isaa menyampaikan tiga pokok bahasan mengenai peran dan tanggung jawab perguruan tinggi, tantangan bagi pemikiran Islam moderat, dan kiat merawat serta melestarikan pemikiran Islam moderat.

Isaa juga menekankan semangat lembaga untuk menyuarakan hakikat Islam yang sejati dan prinsip-prinsip yang toleran dalam kehidupan beragama. "Mengkampanyekan penguatan sikap moderat, memberikan perhatian terhadap fenomena ekstrimisme, dan menunjukan sikap terbuka terhadap berbagai pemikiran dan kebudayaan dalam rangka saling memberi dan menerima secara positif dan proposional," ujarnya.

Pada kesempatan yang sama, Wakil Ketua Majelis Permusyawaratan Rakyat (MPR), Hidayat Nur Wahid menambahkan, dialog ini mengokohkan visi Islam yang moderat melalui jalur-jalur pendidikan di Tanah Air.

Tentunya, dengan dialog semacam ini memberikan sebuah penegasan bahwa yang diinginkan ialah Islam yang moderat, yang jauh dari sikap intoleransi, liberalis, maupun sekularis. "Tapi Islam yang rahmatal lil alamin, sebagaimana yang diajarkan Nabi Muhammad SAW kepada kita semua," kata Hidayat Nur Wahid.

Lebih lanjut, Hidayat mengatakan perguruan tinggi memiliki peran penting dalam membangun keseimbangan akhlak dan kecerdasan generasi muda Indonesia. Pasalnya, kecerdasan yang tidak disertai akhlak dapat menumbuhkan dikotomik dan sekularistik.

"Saya kira pendidikan itu tidak dalam rangka menghadirkan pendidikan yang sekuleristik dan dikotomik. Keimanan dan ketakwaan adalah yang diutamakan, baru setelahnya kecerdasan," ungkapnya.

Hidayat menyebutkan dalam UU pendidikan dituliskan bahwa pemerintah menyiapkan pendidikan yang meningkatkan keimanan, ketaqwaan, dan akhlak yang mulia untuk mencerdaskan kehidupan bangsa dan negara. Bahkan, 20 persen APBN 2017, dialokasikan untuk pendidikan akhlak.

"Pemerintah tentu ingin memajukan pengetahuan dan teknologi dengan juga menjunjung tinggi nilai agama. Saya mendukung Pak Jokowi yang mau membangun perguruan tinggi Islam internasional," ujar Hidayat.

Perguruan tinggi Islam bertaraf internasional dinilai Hidayat sebagai inovasi yang baik, karena pendidikan di Indonesia dapat berkembang pesat melalui kerja sama dengan universitas-universitas terbaik dunia. "Dengan penguasaan bahasa asing minimal Arab, Inggris, China, kita bisa mengajak kerja sama perguruan tinggi lain," kata Hidayat.

Sementara itu, Rektor Universitas Al-Azhar Indonesia, Ahmad Lubis menekankan pentingnya peran pendidikan dalam membangun akidah, pemikiran, dan pemahaman Islam yang benar di kalangan Islam.

"Peran Perguruan Tinggi sangat penting dalam mengajarkan nilai, hakikat, dan prinsip Islam yang benar dengan tepat serta terbebas dari pemikiran maupun ajaran yang menyimpang," kata Ahmad Lubis.

Selain itu, Ahmad Lubis menyebutkan bahwa peran perguruan tinggi dan pengaruhnya dalam menghadapi tantangan dan problematika yang berkenaan dengan pengetahuan, pemikiran, dan wacana moderasi Islam, metode membangun sikap moderat.

Seminar ini, kata dia, juga mengkampayekan etika dalam dalam menyikapi perbedaan di tengah umat Islam dan berbagai jalan untuk memperkuat semangat kebersamaan di tengah masyarakat dalam rangka mewujudkan kemaslahatan dan mencegah kemudaratan. (njs)

Responsive image
Other Article
Responsive image
gomuslim
Get it on the play store