:
:
News
Peduli Pasien Buta Katarak, LKC Dompet Dhuafa Beri Layanan Operasi Gratis

gomuslim.co.id- Sebagai upaya penanggulangan kebutaan akibat katarak, LKC Dompet Dhuafa Sulsel menggelar operasi katarak gratis untuk kaum dhuafa di RS A. Makkasau Kota Pare-Pare, Sulawesi Selatan, Jumat (11/8/2017). Kegiatan bertajuk ‘Melihat seksama, peduli sesama’ ini diikuti sebanyak 50 pasien.

Direktur Program Dompet Dhuafa Filantropi, Yudha Abadi mengatakan, pasien operasi katarak gratis tak hanya berasal dari Pare-pare saja melainkan juga yang berasal dari wilayah Ajatappareng (Barru, Pare-Pare, Sidrap, dan Pinrang).

“Alhamdulillah hari ini sudah dilaksanakan operasi  Katarak untuk dhuafa di RS. Andi Makassau, Pare-Pare. Ini adalah bentuk kerjasama antara Ikatan Keluarga Masyarakat (IKM) Pare-Pare, Dompet Dhuafa, dan Pemerintah Kota Pare-Pare. Semoga kegiatan ini menjadi langkah awal untuk kerjasama-kerjasama lanjutan,” ujarnya.

Sebelumnya, kegiatan  screening  pasien operasi katarak  telah dilakukan sejak hari Senin-Kamis tanggal 7-10 Agustus 2017 sedangkan pelaksanaan operasi katarak yang dilaksanakan pada hari Jumat (11/8). Dalam proses screening, para peserta mengkuti pemeriksaan tensi darah, anamnesis (diagnose), cek gula darah sewaktu dan visus mata. 

Pada kesempatan yang sama, Walikota Pare-Pare, DR. H.M. Taufan Pawe, SH, MH. menuturkan, pihaknya sangat mengapresiasi program bakti sosial berupa operasi katarak ini. “Pemerintah Kota (Pemkot) berharap nanti kedepannya ada keberlanjutan kerjasama antara Dompet Dhuafa dan Pemkot Pare-Pare untuk program yang lebih fokus,” harapnya. 

Menurut catatan Kesehatan Cuma-Cuma (LKC) Dompet Dhuafa Sulawesi Selatan, Kebutaan di Indonesia merupakan bencana nasional. Sebab kebutaan menyebabkan kualitas sumber daya manusia rendah. Hal ini berdampak pada kehilangan produktifitas serta membutuhkan biaya untuk rehabilitasi dan pendidikan orang buta. Hal yang patut disadari adalah bahwa kebutaan bukan hanya merupakan beban pribadi penderita, tetapi juga beban bagi orang-orang di sekeliling penderita yang ikut merawat mereka.

Kondisi ini memberi dampak buruk terhadap produktivitas, kualitas hidup, serta kesejahteraan baik individu maupun keluarga, dan dalam lingkup lebih besar, komunitas serta negara. Oleh karena itu, selain sebagai masalah kesehatan masyarakat, kebutaan dan gangguan penglihatan juga sudah menjadi masalah sosial-ekonomi yang harus diatasi secara sungguh-sungguh guna memutus rantai kebutaan-kemiskinan, dan memperoleh kembali sumberdaya manusia yang hilang.

Dengan adanya program operasi katarak yang dilakukan Layanan Kesehatan Cuma-Cuma Dompet Duafa Sul-Sel, diharapkan masyarakat dhuafa yang mengalami gangguan penglihatan dapat membangun  kehidupan yang lebih baik dengan kondisi penglihatan yang lebih sehat.

Keseluruhan proses  operasi katarak gratis ini bebas biaya untuk dhuafa. Warga yang berhak mendapat bantuan operasi katarak cuma-cuma adalah warga dhuafa yang telah melalui hasil survei tim LKC DD Sulsel.  Kegiatan ini sepenuhnya di danai oleh Dompet Dhuafa melalui himpunan dana Zakat, Infak, Sedekah, dan Wakaf (Ziswaf) yang diamanah oleh para donator kepada Dompet Dhuafa.

“Saya sudah setahun terkena Katarak. Tidak ada biaya untuk operasi. Tapi ada saudara memberikan informasi kepada saya tentang program operasi gratis ini. Alhamdulillah, terima kasih sekali”, Ujar Sumardi (55) pasien berasal Polewali Mandar. (njs/dd)

Responsive image
Other Article
Responsive image
gomuslim
Get it on the play store