:
:
News
Sudan Berangkatkan 32.300 Jemaah Haji Tahun Ini

gomuslim.co.id– Kementerian Bimbingan dan Wakaf Sudan menyampaikan, persiapan pelaksanaan haji 1438 Hijriah sudah total. Pihak Kementerian Bimbingan dan Wakaf Sudan mengumumkan, pemberangkatan jemaah haji Sudan akan dimulai sejak Jumat (11/08/207), seperti diberitakan Sudan Akhbar, Senin (07/08).

Menteri Bimbingan dan Wakaf Sudan Abu Bakar Othman memperioritaskan masalah medis bagi para jemaah haji Sudan. Abu Bakar Othman menjelaskan, pihaknya telah menyediakan klinik medis di setiap pemondokan jemaah. Selain itu, Kementerian Bimbingan dan Wakaf Sudan juga sudah berkordinasi dengan beberapa rumah sakit di Arab Saudi.

Sementara itu, Direktur Jenderal Haji dan Umrah Sudan Muthi Mohammed Ahmed menyampaikan, pemerintah sementara ini telah menerima sekitar 15 ribu paspor dari semua daerah di Sudan. Menurut data yang didapat Ahmed, jemaah haji Sudan yang berangkat ke Tanah Suci pada tahun ini mencapai 32.300 jiwa.

“Jemaah haji yang berangkat melalui jalur laut mencapai 14.400, dan 17.900 jemaah lainnya akan berangkat melalui jalur udara,” jelas Ahmed. Pada tahun lalu, Sudan memberangkatkan 25.600 jemaah haji, baik jalur laut maupun udara. Kerajaan Arab Saudi memberikan tambahan kuota jemaah haji sebanyak 30% untuk Sudan dari tahun sebelumnya.

Untuk jalur laut, jemaah haji Sudan akan diberangkatkan dari Pelabuhan Sudan melalui Laut Merah. Jemaah haji Sudan yang berangkat pada Jumat (11/08) diperkirakan tiba di Pelabuhan Islam Jeddah pada Rabu (16/08) mendatang. Sementara itu, jemaah haji yang berangkat melalui jalur udara akan diterbangkan dari Bandara Internasional Khartoum.

Untuk tahun ini, biaya jemaah haji wilayah Khartoum yang berangkat melalui jalur udara mencapai 42.766 Pound Sudan bagi jemaah lelaki dan 42.588 Pound Sudan bagi jemaah perempuan. Biaya ini tidak ada perbedaan bagi jemaah wilayah Khartoum yang langsung ke Madinah atau Jeddah.  

Sementara itu, untuk wilayah Darfur Barat, jemaah lelakinya dikenai biaya 46.539 Pound Sudan bagi yang hendak menuju Jeddah dan 47.039 Pound Sudan bagi yang hendak langsung menuju Madinah. Sementara itu, jemaah perempuan wilayah Darfur Barat dikenakan biaya 46.361 bagi yang berangkat langsung ke Jeddah dan 46.861 bagi yang berangkat langsung ke Madinah.

Untuk perjalanan laut, biaya jemaah haji tidak dibedakan berdasarkan wilayah dan lokasi tujuan ke Tanah Suci. Namun demikian, perbedaan biaya berdasarkan jenis kelamin diterapkan sebagaimana jemaah yang berangkat melalui jalur udara. Jemaah haji lelaki dikenakan biaya 40.749 Pound Sudan bagi lelaki dan 40.571 perempuan.

“Biaya tersebut 67,0% untuk pelayanan meliputi akomodasi, konsumsi, dan transportasi. Sementara itu, 20,0% dialokasikan untuk biaya tiket, 1,0% untuk vaksinasi serum, 0,5% untuk biaya administrasi, dan 2,5% untuk biaya yurisdiksi,” pungkas Menteri Bimbingan dan Wakaf Sudan Abu Bakar Othman. (ihs/dbs/foto: sudantribune)

Responsive image
Other Article
Responsive image