:
:
News
Kementerian Haji dan Umrah Arab Saudi Gelar Seremonial Penyambutan Jemaah Haji

gomuslim.co.id – Kementerian Haji dan Umrah Arab Saudi menggelar acara seremonial penyambutan jemaah haji dari seluruh negara baru-baru ini. Hal ini dilakukan dalam rangkaian persiapan pelaksanaan ibadah haji 1438 H.

Acara penyambutan tersebut berlokasi di tempat perwakilan Kementerian Haji untuk Urusan Kunjungan di Madinah dan lokasi khusus jemaah haji di Bandara Internasional King Abdulaziz, Jeddah. Kementerian Haji memberi nama seremonial penyambutan jemaah haji ini dengan Kami Cinta Tamu Tuhan (Nuhibbuka ya Dhaif ar-Rahman).   

Dalam acara penyambutan ini, Kementerian Haji dan Umrah bekerjasama dengan lembaga lokal urusan haji (muassasah thawwafah). Selain itu, Kementerian juga melibatkan anak-anak sekolah dengan menggunakan kostum seragam hijau dan putih dan petugas haji yang cakap bahasa asing saat menyambut jemaah haji dari masing-masing negara. Pelibatan anak-anak sekolah dalam penyambutan ini untuk menanamkan nilai positif dalam tradisi menyambut dan memuliakan tamu Allah.  

Seperti dilansir Alriyadh (06/08/2017), anak-anak yang menyambut kedatangan jemaah itu mengucapkan talbiah serentak, menyanyikan lagu, menaburkan bunga, menyediakan air zamzam dan kurma. Strategi ini sengaja dilakukan Kementerian Haji agar para jemaah terkesan dan merasa nyaman berada di Tanah Suci hingga kembali ke negara masing-masing.

Sementara itu, Lembaga Statistik Kementerian Haji Arab Saudi mencatat, seluruh jemaah haji yang telah tiba di Madinah hingga Minggu (06/08/2017) berjumlah 222.444 orang. Jemaah haji terbanyak yang berada di Madinah adalah jemaah asal Indonesia. Lembaga Statistik memperkirakan jemaah Indonesia yang berada di Madinah mencapai 48497.

Untuk diketahui, total kuota jemaah haji Indonesia tahun ini sebanyak 221.000, terdiri dari 204.000 jemaah haji reguler dan 17.000 jemaah haji khusus. Untuk tahun ini, gelombang pertama jemaah haji asal Indonesia diberangkatkan mulai 28 Juli-11 Agustus 2017, disusul gelombang kedua pada 12-26 Agustus 2017.

Gelombang pertama akan terbang menuju Madinah Arab Saudi untuk menjalani ibadah Arbain (Jamaah haji mengejar keutamaan salat wajib 40 waktu tanpa putus di masjid Nabawi) selama 8-9 hari. Setelah itu, mereka secara bertahap diberangkatkan menuju Makkah untuk menjalani proses ibadah haji. Sementara itu, Gelombang kedua akan terbang menuju Jeddah lalu ke Makkah. Mereka baru akan diberangkatkan ke Madinah setelah menjalani ibadah haji. (ihs/dbs/foto: alriyadh)

Responsive image
Other Article
Responsive image