:
:
News
Tahun Ini Irak Berangkatkan 33 Ribu Jemaah Haji

gomuslim.co.id-  Petugas haji dan umrah Irak menyampaikan bahwa jemaah haji Irak mulai diberangkatkan pada Rabu (02/08/2017). Kloter pertama jemaah haji Irak berjumlah 333 orang yang akan berangkat melalui Bandara Internasional Baghdad menuju Bandara Internasional Madinah.

Seperti dilansir dari Anadolu Agency Arabic baru-baru ini, pemondokan jemaah haji Irak yang berangkat pada Rabu silam itu dekat dengan Bandara Internasional Madinah. Karena itu, Pemerintah Irak sengaja menurunkan jemaah di Bandara Internasional Madinah untuk efisiensi waktu.

Turut hadir dalam acara pelepasan kloter pertama jemaah haji Irak ini, Ketua Komisi Tinggi Haji dan Umrah Syekh Khalid Athiyah, Juru Bicara Resmi Komisi Tinggi Haji dan Umrah Irak Hasan Fahd al-Kanani, dan Menteri Transportasi Irak Kazem Finjan Hamami.

Dalam jumpa pers dengan media setempat, Syekh Khalid Athiyah menghimbau para jemaah untuk melakukan ziarah ke Masjid Nabawi, para sahabat di Baqi, dan situs-situs sejarah terdekat.

Menurutnya, Komisi Tinggi Haji dan Umrah sudah berupaya secara maksimal untuk memenuhi kebutuhan transportasi, pemondokan, maupun konsumsi    para jemaah ketika di Madinah, Mekah, Arafah dan Mina. Hal dilakukan agar para jemaah dapat menunaikan ibadah haji dengan sempurna.  

Sementara itu, Juru Bicara Resmi Komisi Tinggi Haji dan Umrah Irak Hasan Fahd al-Kanani mengungkapkan, jemaah haji yang akan diberangkatkan tahun ini sekitar 33.690 orang. Sekitar 14.000 jemaah akan beribadah haji melalui jalur darat. Untuk jalur udara, Pemerintah Irak menggunakan lima bandara untuk pemberangkatan awal para jemaah haji.

Kelima bandara tersebut adalah Bandara Internasional Baghdad, Bandara Internasional Basra, Bandara Internasional Erbil, Bandara Internasional Sulaymaniyah, dan Bandara Internasional Najaf.

Sementara itu, 14.000 jemaah Irak yang berangkat melalui jalur darat akan melewati kota Arar yang berbatasan langsung dengan Arab Saudi. Setelah menyiapkan logistik dan kemanan, pemberangkatan melalui jalur darat akan dimulai Senin (07/08/2017). Perjalanan ini akan dikawal oleh pasukan keamanan darat dan laut Irak.

Fahd menyampaikan biaya jemaah yang berangkat melalui jalur udara mencapai 4.600.000 dinar Irak atau sekitar 50.995.932 rupiah. Sementara itu, menurut Fahd, biaya jemaah yang melalui darat mencapai 3.900.000 dinar Irak atau setara 43.235.681 rupiah. (ihs/dbs/foto: Anadolu Agency Arabic)

Responsive image
Other Article
Responsive image