:
:
News
Sambut HUT RI ke-72, Istana Negara Gelar Dzikir Kebangsaan

gomuslim.co.id- Kementerian Sekretariat Negara menyelenggarakan Dzikir Kebangsaan di halaman Istana Merdeka, Jakarta, pada Selasa (01/08/2017) malam. Pasalnya pihak istana kepresidenan telah mengirimkan undangan kepada 2.000 orang untuk mengikuti Dzikir Kebangsaan.

Situasi di halaman depan istana yang menghadap ke Jalan Medan Merdeka Selatan ramai dengan warga yang mengenakan pakaian Muslim berwarna putih baik pria maupun wanita. Wajah Istana Merdeka juga terlihat meriah dengan hiasan kain berwarna merah putih serta dipercantik dengan lampu sorot yang menampilkan cahaya warna-warni. Kendati acara Dzikir Kebangsaan dimulai pada 19.30 WIB, sejumlah warga telah berkumpul di halaman sejak pukul 17.00 WIB.

Sementara itu, untuk menanti dimulainya zikir bersama, panitia menyajikan hiburan nasyid dari grup Snada dan musik gambus Hubul Wathon. Kegiatan ini bertujuan untuk merenungkan nikmat kemerdekaan bangsa dalam merayakan bulan kemerdekaan RI ke-72.

Tema yang diambil dari Dzikir Kebangsaan adalah "Mensyukuri Nikmat Kemerdekaan" diikuti oleh sejumlah ulama dan para santri dari beberapa pesantren di Indonesia.

Presiden Jokowi mengatakan ulama yang hadir pada acara Dzikir Kebangsaan ini bukan hanya dari Pulau Jawa, tapi ada pula yang berasal dari Sumatera, termasuk dari Aceh Dari Sulawesi sampai ke utara di Manado. Dari Nusa Tenggara dan Bali, Kalimantan, Maluku, Papua, dan dari daerah-daerah lain, mencakup Sabang sampai Merauke.

Di kesempatan yang sama Ketua Umum Majelis Ulama Indonesia (MUI) KH Ma'ruf Amin mengapresiasi kegiatan yang baru pertama kali diadakan di halaman Istana Kepresidenan ini. "Ini memang yang pertama kali dan mudah-mudahan akan terus dilakukan setiap bulan Agustus mengawali peringatan hari kemerdekaan 17 Agustus. Amin," ujar Ma'ruf.

Nikmat karena bangsa Indonesia mempunyai dasar negara yang dapat mempersatukan seluruh elemen bangsa, yaitu Pancasila.

“Selain itu, ungkapan syukur karena diberikan anah air NKRI yang subur dan makmur. Kita pun juga malam ini memohon Allah SWT supaya diberikan hidayah, dilindungi dari malapetaka, dijaga dari hal yang dapat mencerai-beraikan kesatuan dan persatuan bangsa, memohon supaya bangsa ini utuh, aman, sejahtera," tuturnya.

Sejumlah acara menyemarakkan bulan kemerdekaan ke-72 RI diselenggarakan Kementerian Sekretariat Negara diantaranya pameran lukisan Senandung Ibu Pertiwi di Galeri Nasional, Jakarta pada 2 sampai 30 Agustus 2017 yang memamerkan 48 lukisan koleksi istana-istana kepresidenan. (nat/dbs/foto:indonesiaoversight)

 

Responsive image
Other Article
Responsive image