:
:
News
Kampanyekan Islam Damai, Ribuan Muslim Berkumpul di Inggris

gomuslim.co.id- Kampanye Islam damai terus dilakukan sejumlah komunitas muslim di Eropa. Terbaru, sekitar 30.000 Muslim dari 100 negara berkumpul mempromosikan ajaran Islam yang benar dan damai di konvensi Islam terbesar akhir pekan ini di Inggris.

Acara ini berlangsung di lahan seluas 200 hektar di Hampshire. Di sana sini tampak puluhan ribu umat Muslim berkumpul mengecam oknum yang salah tafsir terhadap Islam sekaligus mengecam ekstremisme dan terorisme.

Salah satu pimpinan Komunitas Muslim, Hazrat Mirza Masroor Ahmad, dalam akhir-akhir pidatonya meminta orang Muslim menolak semua bentuk ekstremisme. "Ini saatnya umuat Islam berdiri dan menolak semua bentuk ekstremisme dan terorisme. Adalah tugas umat untuk menunjukkan ajaran sejati Islam yang merupakan cinta damai, belas kasihan dan kasih sayang," katanya seperti dilansir dari publikasi Independent, Senin (31/7/2017).

Kampanye Islam damai ini tidak sekali dilakukan di Inggris. Pada akhir tahun lalu, Kelompok Muslim Islam berkunjung ke 10 Downing Street untuk mengampanyekan perdamaian. Mereka ingin menghapus stereotip buruk yang melekat pada Islam.

Organisasi Islam As-Siraat ini memberikan bunga mawar dan kartu pada pejabat di sana, termasuk Perdana Menteri Theresa May. Kelompok mengampanyekan program Engagement2030 yang mempromosikan perdamaian dan persatuan.

Tidak hanya di Inggris, seluruh kelompok Muslim di 125 lokasi di beberapa negara mulai menggelar kegiatan serupa. Mereka memberikan mawar dan cokelat pada komunitas lokal sekitar dan menyebar pesan Islam yang damai.

Pada Sabtu, kampanye berpusat di area pemerintahan. Meski pemberian mawar juga berlaku pada masyarakat sekitar. Koordinator As-Siraat, Abdur Rehman Tobin mengatakan saat ini iklim dunia sedang penuh ketakutan.

"Pesan sesungguhnya dari Islam telah hilang," kata Tobin. Ia menilai mawar dan kartu adalah pesan damai. Aksi ini membawa kesempatan untuk Muslim dan komunitas lokal terlibat lebih jauh dalam percakapan.

Konselor London Borough of Newham Obaid Khan yang berada di Downing Street mengatakan aksi ini adalah inisiatif yang fantastik. Aksi tersebut juga mendapat respons yang luar biasa positif.

"Mawar adalah simbol damai dan cinta. Mari berharap acara seperti ini bisa membawa perdamaian," kata Khan. Negara AS, Selandia Baru dan Australia termasuk beberapa negara yang ikut dalam kampanye Engagement2030.

Kampanye juga termasuk memberi bantuan makanan pada tunawisma, mengunjungi orang sakit serta aksi amal lainnya. Seorang warga AS yang sedang berkunjung ke Downing Street, David Bowers mengatakan aksi ini sangat bermanfaat.

"Tidak banyak Muslim di tempat saya tinggal di AS dan banyak berita yang memberi kesanā¬ buruk," kata Bowers. Sehingga persepsi terhadap Muslim di Barat sudah negatif. Saat kampanye, Bowers melihat Muslim sangat baik, hangat dan ramah. "Mungkin persepsi kami akan berubah sedikit demi sedikit," ujarnya. (njs/independent/dbs/foto:fedburner)

Responsive image
Other Article
Responsive image