:
:
News
Inilah Enam Poin ‘Komitmen Padang’ Hasil Simposium Jurnalis Muslim

gomuslim.co.id- Untuk yang pertama kalinya Jurnalis Muslim menggelar simposium, kegiatan tersebut diselenggarakan di Kota Padang, Sumatera Barat, pada 18 sampai 29 Juli 2017. Panitia Simposium Jurnalis Muslim, Nurkholis mengatakan puluhan jurnalis dari berbagai media massa mengikuti simposium yang diselenggarakan Yayasan al Manarah al Islamiyah.

Simposium tersebut menjadi bagian dari rangkaian acara Pertemuan Ulama dan Dai se-Asia Tenggara, Eropa serta Afrika.

"Tujuan digelarnya simposium untuk menguatkan jaringan dan ukhuwah jurnalis Muslim," ujar Nurkholis setelah penutupan Simposium Jurnalis Muslim di Hotel Grand Inna Padang, Rabu (19/07/2017).

Pada simposium tersebut terbentuk enam poin Komitmen Padang. Nurkholis menerangkan adapun Poin Pertama, jurnalis Muslim Indonesia harus membentuk jaringan dan bersinergi untuk mempermudah penyamaan visi dan misi dalam pemberitaan tentang kiprah umat Islam di Indonesia.

Poin Kedua, jurnalis Muslim Indonesia harus mengedepankan pemberitaan yang objektif, akurat, berimbang, komprehensif dan cepat, khususnya tentang Islam dan Muslimin di Indonesia. Poin Ketiga, jurnalis Muslim Indonesia berkomitmen membela kepentingan umat Islam di Indonesia.

Poin Keempat, jurnalis Muslim Indonesia berkomitmen menjaga citra Islam dalam menyiarkan berita dan tulisan. Poin Kelima, Simposium Jurnalis Muslim Indonesia di Padang akan ditindaklanjuti dengan pertemuan yang lebih besar di Jakarta.

“Dan, Poin Keenam, seluruh peserta simposium menyepakati untuk berhimpun dalam sebuah wadah yang bernama Jaringan Jurnalis Muslim Indonesia yang disingkat JMI (Indonesian Muslim Journalist Network - IMJN),” pungkas Nurkholis. 

Simposium Jurnalis Muslim dihadiri juga para jurnalis senior dari berbagai media massa. Terselenggaranya simposium didasari keinginan yang sama dari para pekerja media atau jurnalis untuk memberikan kontribusi terhadap pembangunan dan persatuan umat. Adapun tujuan tersebut akan dicapai melalui simposium dan profesi jurnalis. Dengan lairnya simposium tersebut, Nurkholis berharap ke depannya akan ada agenda dan proyek bersama untuk kemaslahatan umat dan bangsa. (nat/dbs/foto ilustrasi:muslimvillage)

 

 

 

Responsive image
Other Article
Responsive image
gomuslim
Get it on the play store