:
:
News
Begini Persiapan Kota Tarakan Kaltara Jadi Tuan Rumah Seleksi Tilawatil Quran 2017

gomuslim.co.id- Untuk menyambut perhelatan Seleksi Tilawatil Quran (STQ) Nasional tahun 2017 yang digelar di kota Tarakan, Kalimantan Utara pada 13 sampai 21 Juli 2017, berbagai persiapan terus dilakukan oleh pemerintah Kota Tarakan. Salah satu yang istimewa adalah Pemerintah Kota tersebut juga menyiapkan 3.000 kembang serai yang akan dipasang di ruas-ruas jalan dan fasilitas pubik yang dikunjungi tamu dari berbagai daerah di tanah air.

Walikota Tarakan, Sofian Raga dalam rilis resminya mengatakan Kembang serai sudah siap dan beberapa sudah dipasang di ruas jalan. Itu menandakan Kota Tarakan sedang punya hajatan besar yaitu STQ Nasional.  

Selain 3.000 bunga serai, sejumlah umbul-umbul juga telah dipasang di berbagai ruas jalan di kota yang berada di ‘leher’ Pulau Kalimantan itu. Terkait dengan persiapan penyambutan tamu, tambahnya, pemerintah kota setempat juga sudah menyiapkan seluruh fasilitas kendaraan yang ada di pemerintah kota Tarakan berupa bus dan kendaraan lainnya untuk digunakan guna kelancaran event STQ.

Sementara itu, empat masjid yang akan digunakan pada pelaksanaan STQ juga seluruhnya sudah selesai direnovasi, dan sudah dilengkapi dengan dekorasi panggung acara.

 Tahun ini, perhelatan STQ Tingkat Nasional di Kota Tarakan akan dipusatkan di Masjid Baitul Izzah Islamic Center yang dilengkapi dengan pameran peradaban dan kebudayaan Islam. Masjid lain yang menjadi lokasi pelaksanaan STQ adalah Masjid Daarussa’adah, Masjid At-Taqwa, dan Masjid al-Ma’arif.

Gubernur Kalimantan Utara, Irianto Lambrie meminta persiapan penyambutan Seleksi Tilawatil Quran (STQ) Tingkat Nasional XXIV dibuat lebih meriah. Pasalnya, Irianto melihat spanduk dan umbul-umbuk di sejumlah hotel, restoran, serta ruas jalan terlihat kecil.

Ia mengatakan, pihaknya telah meminta Walikota Tarakan utuk mengintensifkan penyambutan STQ ini. Dikatakannya, untuk memeriahkan perhelatan akbar tersebut, seluruh hotel, restoran, rumah makan, hingga pebankan di Kota Tarakan harus turut membantu penyambutan STQ sebab melalui event ini, masyarakat Tarakan akan mendapat banyak keuntungan baik secara ekonomi maupun pariwisata.

“Secara kalkulatif, jika ada 2.000 orang datang ke Tarakan untuk mengikuti kegiatan STQ, dan belanja Rp 2 juta sampai Rp 4 juta, maka peputaran uang bisa mencapai Rp 4 Miliar, Itu  belum dihitung pemasukan bagi Hotel, restoran, dll yang jika ada pajaknya, maka yang diuntungkan adalah pemerintah kota Tarakan,” paparnya.

Selain itu, ia juga meminta agar perusahaan-peursahaan di Kota Tarakan untuk ikut membantu dengan memasang lampu hias di pinggir-pinggir jalan yang dilalui peserta STQ.

 Bimas Islam Akan Buka Empat Stand Pameran   di STQ 2017

Untuk emmeriahkan STQ 2017 ini, Ditjen Bimas Islam Kementerian Agama membuka empat stand sekaligus pada perhelatan Seleksi Tilawatil Qur’an (STQ) Tingkat Nasional XXIV. Pameran tersebut diharapkan dapat menjadi ajang komunikasi Ditjen Bimas Islam kepada masyarakat Kaltara yang mengunjungi venue pameran.

Selain menyediakan Kitab Suci Alquran yang akan dibagikan secara cuma-cuma, Stand Bimas Islam juga menyediakan berbagai souvenir menarik seperti botol tumblr, kaos, stiker, serta buku-buku keagamaan.

Adapun, lokasi stand Bimas Islam berada di arena utama pameran, di depan gedung Islamic Center Kota Tarakan. Saat ini panitia pameran tengah menyiapkan dekorasi khusus bagi Stand Bimas Islam dengan nuansa kehijauan. Sejumlah barang pameran juga telah siap untuk dibagikan pada perhelatan STQ nanti. (fau/dbs/bimasislam/foto: jongjafar)

Responsive image
Other Article
gomuslim
Get it on the play store