:
:
News
Direktur LPPOM MUI: Indonesia Bisa Jadi Eksportir Produk Halal Dunia

gomuslim.co.id- Kini sertifikasi halal menjadi hal yang penting dan wajib dilakukan setiap perusahaan yang ingin mengeluarkan produknya. Hal ini disampaikan pula oleh Direktur Lembaga Pengkajian Pangan, Obat-obatan, dan Kosmetik (LPPOM) MUI, Lukmanul Hakim.

Berkenaan dengan keinginan Indonesia menjadi eksportir halal dunia, Lukman mengatakan Indonesia sangat strategis karena penduduknya yang mayoritas Muslim dan potensial karena memegang peranan negara untuk menjadi eksportir halal dunia.

“Jadi sudah tentu setiap perusahaan wajib memberikan label halal pada setiap produknya. Kita juga ingin menjadi pelaku produk ekspor halal dunia, jadi sangat penting sekali potensinya,” ujar Lukmanul.

Menurut dia, tujuan sertifikasi halal bukan hanya untuk kepentingan dalam negeri saja, tapi untuk menjadi yang terbaik di kancah Internasional. "Jadi bukan hanya kepentingan dalam negeri, karena sudah pasti karena memang mayoritas kita umat Islam. Tapi yang kedua kita ingin menjadi the best player," katanya.

Karena itu, LPPOM MUI juga telah meresmikan Lembaga Sertifikasi Profesi (LPS) bagi penyelia halal. Pasalnya, sesuai dengan UU Nomor 33 Tahun 2014 tentang Jaminan Produk Halal, setiap perusahaan membutuhkan sumber daya manusia yang disebut penyelia halal, sehingga dapat membantu mengajukan sertifikasi halal. 

Lukman menganjurkan agar perusahanan go a head untuk sertifikasi, persiapkan produknya, dan persiapkan untuk sertifikasi, sehingga semuanya dapat diproses secara objektif, dan siapapun sama perlakuannya. (nat/dbs/foto:ist)

Responsive image
Other Article
Responsive image
gomuslim
Get it on the play store