:
:
News
Tour Leader Muslim Kuatkan Industri Pariwisata Halal Indonesia

gomuslim.co.id- Beberapa tahun ini, perkembangan pariwisata halal terus digencarkan guna memenuhi permintaan wisatawan Muslim. Jika sebelumnya hanya berfokus pada industri makanan dan minuman, serta keuangan, industri halal saat ini sudah masuk ke dalam sektor gaya hidup, termasuk pariwisata halal.

Ketua Tim Percepatan Pengembangan Pariwisata Halal Kementerian Pariwisata, Riyanto Sofyan mengatakan saat ini kekuatan ekonomi Muslim secara global sudah cukup besar. Bahkan bisa mencapai 8 triliun dolar AS, atau berada di posisi ketiga dunia.

Selain itu, wisatawan Muslim dunia pun mencapai sekitar 117 juta orang, angka ini belum termasuk untuk perjalanan Umrah dan Haji. Dengan disposable income mencapai 4,8 miliar dolar AS, wisatawan Muslim pun dianggap memiliki peluang yang cukup besar.

''Wisatawan Muslim itu sudah bukan lagi menjadi ceruk pasar, tapi sudah menjadi mainstream market atau pasar utama,'' sambungnya.

Pihaknya mengingatkan pelaku industri pariwisata di Indonesia jangan hanya menjadi pasar, tapi juga ikut memanfaatkan peluang besar ini. Sehingga bisa bersaing dengan pelaku-pelaku industri pariwisata, terutama pariwisata halal, dari luar negeri.

“Salah satu upaya untuk bisa bersaing adalah dengan meningkatkan profesionalisme, termasuk profesionalisme seorang tour leader,” pungkas Riyanto. (nat/dbs/foto: bisniswisata)

Responsive image
Other Article
Responsive image
gomuslim
Get it on the play store