:
:
News
Perkuat Toleransi, Begini Perkembangan Islam di Kota Turin Italia

gomuslim.co.id- Islam berkembang pesat di beberapa Negara, termasuk Negara-negara di benua Eropa. Sejumlah kota menjadi tempat subur bagi muslim untuk membangun sebuah komunitas dan melancarkan aktivitas dakwahnya. Salah satunya adalah di kota Turin, Italia.

Turin Councillor for Integration, Ilda Curti mengatakan Kota Turin memang menjadi rumah banyak imigran. Sebagian besar imigran berasal dari Afrika Utara, Cina, Asia Selatan, dan Filipina. Jumlah mereka sekitar 20 ribu imigran, dengan 40 persen di antaranya merupakan usia muda yang lahir di kota tersebut.

“Mereka (para imigram) ini lahir di Turin, tumbuh besar, dan sekolah di sini hingga tumbuh dewasa,” katanya.

Pemerintah Kota Turin sangat menghargai toleransi. Hal ini seiring dengan banyaknya imigran yang datang ke kota tersebut. Mereka berusaha melindungi setiap komunitas masyarakat, termasuk Muslim. “Bagi sejarah Turin, kota ini layaknya laboratorium inovasi sosial,” ujar Curti.

Adanya toleransi tersebut, umat Islam pun mendapatkan tempat yang nyaman di sana. Mereka bebas membangun masjid dan menyekolahkan anak di sekolah Islam. Bahkan, pendidikan Islam tengah diusulkan untuk masuk ke kurikulum sekolah umum. Islamic center juga tersebar di penjuru kota. Sedikitnya, terdapat delapan Islamic center yang menaungi komunitas Muslim di kota kelahiran Juventus tersebut.

Namun demikian, umat Islam di Turin masih dihadang isu islamofobia (ketakutan terhadap Islam). Alhasil, perizinan pembangunan masjid masih cukup sulit dilakukan. Apalagi, sejak mencuatnya kabar seorang Muslim italia, Abu Farid Al Masri, yang menjadi pelaku bom bunuh diri menghancurkan gedung PBB di Baghdad pada 2003. Sejak itu, warga Itali, termasuk Turin, selalu waswas terhadap keberadaan Muslim.

Namun, seperti di negara dan kota lain di Eropa, isu islamofobia justru membawa dakwah Islam makin berkembang di Turin. Jumlah mualaf terus meningkat tiap tahunnya. Baru-baru ini, Muslim Turin juga telah berhasil mendapat perizinan untuk pembangunan masjid baru di kawasan Lingotto. Saat peresmian Juli lalu, hadir wakil dari asosiasi Islam berbagai kota dan negara dekat.

Komunitas Muslim Turin juga berkembang pesat. Banyak pula Muslimin Turin yang bergabung di organisasi keislaman tingkat Italia. Turin juga sering kali menjadi tuan rumah konferensi Uni Masyarakat dan Organisasi Islam Italia (UCOII), organisasi yang menyatukan seluruh Muslimin di Italia. Selain Kota Milan, Turin menjadi kota yang aktif dalam perkembangan dakwah Islam.

Tak hanya itu, dalam hal toleransi beragama Turin juga rupanya dapat menjadi contoh kota-kota lain di Italia, bahkan Eropa. Persatuan uskup Eropa pernah berkunjung bertemu komunitas Muslim Turin. Mereka pun menawarkan sebuah hubungan baik dengan Muslimin, enkulturasi progresif Islam di Eropa.

Sebagai tambahan informasi, Turin adalah kota yang cukup penting di utara Italia. Kota ini kaya akan budaya dan sejarah. Kota kecil yang berjarak sekitar 350 kilometer dari Milan ini menjadi salah satu pusat mode dunia. (njs/dbs/digest/foto:barenaked)

Responsive image
Other Article
Responsive image