:
:
News
Mudahkan Komunikasi Jemaah, Kantor Teknis Haji KJRI Jeddah Rilis Call Center Haji

gomuslim.co.id- Kementerian Agama (Kemenag) terus melakukan perbaikan layanan terkait haji. Terbaru, Kantor Teknis Haji (STH) Konsulat Jenderal Republik Indonesia (KJRI) di Jeddah merilis call center, serta SMS dan WA center untuk penyelenggaraan ibadah haji 1438H/2017M.

Adapun untuk layanan Call Center di nomor  9200 1 3210. Sedangkan untuk SMS dan WA Center di nomor 050 35000 17. Staf Teknis Haji I Ahmad Dumyati Basori mengatakan, kedua nomor tersebut diharapkan dapat menjadi media komunikasi antara jemaah dengan petugas bila ada kebutuhan layanan.

Begitu juga bagi orang lain saat mengetahui keberadaan jemaah yang membutuhkan layanan. “Kita akan standby 24 jam selama musim haji,” terang Dumyathi, Selasa (11/07/2017).

Agar bisa diketahui sejak awal oleh jemaah, lanjut Dumyathi, nomor-nomor telepon ini sengaja disosialisasikan  sejak sekarang. Nantinya, pengumuman nomor ini juga akan dibuat dalam bentuk stiker dan spanduk yang ditempel di hotel jemaah haji Indonesia dan bus shalawat.

“Harapannya ini menyebar luas dan mudah diketahui sehingga  dapat dimanfaatkan oleh jemaah bila membutuhkan layanan. Informasi dari jemaah, nantinya akan segera diproses oleh tim call center dan didistribusikan kepada para temus setelah dilakukan konfirmasi kepada yang bersangkutan,” paparnya.

Proses penyelesaian masalah juga akan dipantau melalui alat komunikasi sejenis Walkie Talkie (Bravo) dan tracking petugas melalui aplikasi Siskoppih (Sistem Informasi dan Komunikasi Panitia Penyelenggara Ibadah Haji). “Aplikasi ini sudah tersedia dan bisa didownload di playstore,” tandasnya.

Di sisi lain, persiapan penyelenggaraan ibadah haji di Arab Saudi juga terus dilakukan oleh pihak Kantor Urusan Haji (KUH) KJRI Jeddah. Sebagai bagian dari penyiapan layanan pemondokan jemaah, mereka sudah mulai memasang stiker akomodasi. Pemasangan stiker ini salah satunya dilakukan di Hotel Keswah setelah adanya kesepakatan antara pihak KUH dan pemilik.

Koordinator pemasangan stiker KUH  Syaiful Rahman mengatakan, pada Senin, 10 Juli 2017,  delegasi Kantor Urusan Haji telah melakukan pertemuan dengan pihak manajemen. Hadir dalam pertemuan ini, Director Guest Service Keswah, Jamal Sufi Ismail dan Director of Sales & Marketing Izad A. Hafiz Ahmad.

"Kita sudah melakukan rapat koordinasi dengan pihak hotel terkait pemasangan stiker. Pemasangan stiker yang melibatkan seluruh petugas KUH ini mulai dilakukan hari ini," ujar Syaiful Rahman.

Stiker yang ditempel, lanjut Syaiful, berisi informasi tentang nomor hotel, imbauan dan larangan, serta keterangan ruangan dan lantai. Stiker ini akan ditempel di 159 hotel yang telah disewa. "Ada 47 orang petugas yang akan menempel stiker ini sampai dengan 27 Juli mendatang," ujarnya.

Hotel Keswah adalah salah satu hotel yang disewa Panitia Penyelenggara Ibadah Haji (PPIH) pada musim haji tahun ini. Hotel ini berjarak 1km dari Masjidil Haram dan mempunyai kapasitas kamar 21.801. Hotel ini merupakan hotel terbesar yang disewa PPIH untuk penginapan jamaah haji Indonesia selama berada di Makkah. (njs/kemenag)

 

Responsive image
Other Article
Responsive image
gomuslim
Get it on the play store