:
:
News
Gunakan Akad Mudharabah, BSM Kembali Salurkan Pembiayaan Syariah untuk FIF Group

gomuslim.co.id- Industri perbankan syariah di Tanah Air kian gencar melakukan sejumlah pembiayaan. Upaya ini dilakukan dalam rangka meningkatkan pangsa pasar yang sangat besar di Indonesia.

Baru-baru ini, PT Bank Syariah Mandiri (BSM) kembali menandatangani akad pembiayaan line facility dengan perusahaan pembiayaan PT Federal International Finance (FIF Group). Perjanjian ini merupakan penambahan fasilitas pembiayaan modal kerja sebesar Rp500 miliar.

Pembiayaan antara BSM dan FIF ini menggunakan akad mudharabah line facility dengan tenor maksimal tiga tahun. FIF akan menggunakan pembiayaan ini untuk modal kerja pembiayaan sepeda motor baru dan bekas merk Honda berbasis syariah melalui brand AMITRA.

Penandatanganan ini dilakukan oleh Presiden Direktur FIF Group, Margono Tanuwijaya, dengan Direktur Keuangan FIF, Hendry Christian Wong, serta Direktur Wholesale Banking BSM, Kusman Yandi. Dalam sambutannya, Kusman Yandi mengatakan bahwa penambahan pembiayaan dilakukan karena tingginya potensi pembiayaan kendaraan roda dua di FIF.

"Sebelumnya BSM juga telah membiayai FIF sebesar Rp500 miliar. Alhamdulillah kerja sama ini sangat baik dan menguntungkan kedua pihak," ujar Kusman Yandi disela-sela acara penandatanganan akad pembiayaan antara FIF dengan BSM di Jakarta, Senin (10/7/2017).

Dari kerja sama ini, selain modal kerja, kata Yandi, BSM berharap bisa masuk ke pembiayaan segmen ritel. Adapun pembiayaan segmen ritel yang dibidik yaitu pembiayaan untuk para karyawan FIF. "Karyawan FIF dan lebih jauh Group ASTRA bisa menggunakan jasa dan layanan perbankan syariah dari BSM seperti gadai dan cicil emas dan lain-lain,” kata Yandi.

Pada kesempatan yang sama, Presiden Direktur FIF, Margono Tanuwijaya mengakui, perusahaannya memang sedang menaruh perhatian khusus pada pengembangan bisnis berbasis syariah.

Dalam rangka memenuhi kebutuhan masyarakat Indonesia, FIF kemudian mengembangkan serta memperkuat pembiayaan berbasis syariah yang dimilikinya. "Apalagi, hal ini juga selaras dengan himbauan OJK mengenai pengembangan pembiayaan syariah guna meningkatkan potensi niche market syariah di Indonesia,” kata Margono.

Sementara itu, Direktur Keuangan FIF, Hendry Christian Wong juga menambahkan, kerja sama dengan BSM didasari oleh kesamaan misi untuk membantu memenuhi kebutuhan masyarakat Indonesia. “FIF merasa nyaman bekerja sama dengan BSM dan kami berharap kerjasama ini dapat terus berlanjut,” ujarnya.

FIF merupakan anak perusahaan ASTRA yang bergerak di bidang pembiayaan dengan empat brand ternama, yaitu FIFASTRA, SPEKTRA, DANASTRA, dan AMITRA. Sampai saat ini, FIFG memiliki 194 kantor cabang dan 416 point of services yang bekerja sama dengan 1.700 dealer sepeda motor Honda.

Sedangkan Bank Syariah Mandiri merupakan anak dari Bank Mandiri, dengan 765 jumlah outlet di seluruh Indonesia. Hingga Juni 2017 aset BSM telah mencapai Rp 81 triliun dan sampai saat ini merupakan satu-satunya bank syariah buku III. (njs/dbs/foto: bsm)

 

Responsive image
Other Article
Responsive image