:
:
News
Peserta Siswa Madrasah Raih 20 Medali di Ajang OSN 2017

gomuslim.co.id- Prestasi siswa madrasah kian membanggakan. Baru-baru ini, para siswa madrasah berhasil meraih 20 medali di ajang Olimpiade Sains Nasional (OSN) tingkat nasional tahun 2017. Raihan medali yang mereka peroleh mulai dari emas, perak, perunggu, dan the best practice.

Menurut Kepala Madrasah Aliyah Negeri Insan Cendekia (MAN IC) Serpong Persahini Sidik (Penny), capaian prestasi siswa-siswinya tahun ini lebih baik dibanding tahun lalu. “Alhamdulillah, prestasi siswa madrasah pada OSN Pekanbaru meningkat,” ujarnya, Sabtu (08/07/2017).

Ia menilai peningkatan ini setidaknya bisa dilihat pada tiga aspek. Pertama, medali emas yang diraih tahun ini bertambah banyak. “Pada OSN 2016, siswa madrasah hanya mendapat dua medali emas bidang Astronomi. Tahun ini, siswa madrasah meraih empat medali emas pada bidang IPA (MTs), Kimia (2), dan Astronomi (2),” paparnya.

Alasan kedua, siswa madrasah masih bisa mempertahankan tradisi mendapatkan prestasi the best practice atau nilai praktikum tertinggi. Tahun ini, penghargaan itu diraih Abdullah Muqaddam pada bidang Kimia.

Alasan ketiga, lanjut Penny, sebaran  madrasah yang meraih medali semakin banyak. Tahun lalu yang meraih medali adalah siswa MAN IC Serpong, MAN IC Gorontalo, MAN 3 Malang, dan MAN 4 Jakarta. Tahun ini, selain tiga madrasah yang disebut pertama, ada juga siswa MAN 1 Pekanbaru dan MAN 2 Pekanbaru. Medali emas tahun ini juga disumbang siswa MTsN 1 Malang.

Penilaian yang sama disampaikan oleh Kepala MAN 3 Malang Binti Maqsudah. Menurutnya,  tahun ini prestasi madrasah lebih baik dari tahun kemarin. “Untuk MAN 3 Malang, tahun lalu hanya mendapat 5 perak dan 3 perunggu. Tahun ini dapat 2 emas, 1 perak, dan 5 perunggu. MTsN 1 Malang  tahun lalu memperoleh 1 perunggu, tahun ini 1 emas,” ungkapnya.

Selain itu, siswa MAN 3 Malang atas nama M. Raihan Reza juga mendapat The Best Paper untuk makalah Ekonomi. Judul makalah yang diangkat adalah "Peran Ekonomi Kreatif dalam Pengembangan Pariwisata Kampung Wisata Jodipan".

Sebelumnya, Menteri Agama Lukman Hakim Saifuddin madrasah terus berkembang dan berprestasi. Meskipun saat ini masih banyak madrasah di Tanah Air dalam kondisi pas-pasan dan cenderung memprihatinkan.

"Sejujurnya, saya mengucapkan terima kasih yang sangat amat kepada Bapak dan Ibu semua yang merupakan aktor, tokoh dan figur utama yang secara langsung menggeluti pendidikan kita yang mana, citranya semakin membaik," kata Menag, Sabtu (08/07/2017).

Bertemu seratusan Kepala MIN, MTsN, dan MAN se Jawa Timur di Tretes Pasuruan Jawa Timur, Menag manfaatkan kesempatan itu untuk menyampaikan apresiasi dan rasa terima kasihnya. Maklum, kualitas madrasah terus bergerak. Tagline madrasah lebih baik, lebih baik madrasah semakin terasa faktanya. Beragam prestasi terus diraih, meski masih banyak sektor juga yang mesti dibenahi.

"Saat ini, banyak madrasah kita masih dalam kondisi yang memprihatinkan, utamanya madrasah-madrasah swasta. Kita sedang berbenah menuju ke arah yang lebih baik, dan ini tidak semudah membalik telapak tangan. Butuh proses yang tidak sederhana," tuturnya.

Kepada mereka, Menag menegaskan komitmennya untuk terus melakukan pembenahan. Komitmen yang saat ini juga mulai dilihat banyak kalangan seiring dengan semakin terasanya buah perbaikan.

"Alhamdulillah, kerja keras kita untuk menciptakan pendidikan berkualitas di madrasah, sedikit demi sedikit mendapat pengakuan dari berbagai kalangan. Dengan berbagai kelebihan dan kekurangannya, saat ini banyak dari madrasah kita tidak hanya mampu bersaing dengan lembaga pendidikan umum lainnya, namun melebihi. Lebih Baik Madrasah, Madrasah Lebih Baik," tegas Menag. (njs/kemenag)

Responsive image
Other Article
gomuslim
Get it on the play store