:
:
News
Dari Barat Hingga Timur Indonesia, Wonderful Sail Siap Digelar di Pulau-Pulau Cantik Nusantara

gomuslim.co.id- Indonesia Yacht Rally di Multihull Solutions-Wonderful Sail 2 Indonesia 2017 segera dilaksanakan. Memasuki tahun ketiga ini, Multihull Solutions bersama Kementerian Pariwisata (Kemenpar) selaku penyelenggara menjanjikan event Wonderful Sail 2 Indonesia yang lebih besar dari tahun-tahun sebelumnya dengan beberapa destinasi yang akan mereka lalui.

Kapal-kapal yacht ini berangkat dari Opua di Selandia Baru pada awal Juli kemudian bergeser ke Papua Nugini. Dari Royal Papua Yacht Club di Port Moresby di Papua Nugini, kapal akan berlayar dan menyapu bersih Indonesia dari timur hingga barat dengan keindahan bahari Indonesia. Mereka meluangkan waktu tiga bulan penuh menikmati berlayar dari satu pulau ke pulau yang lain mulai dari tanggal 23 Juli hingga 20 Oktober 2017.

"Selama tiga bulan penuh peserta rally dapat berlayar di lokasi eksotis, dari timur hingga barat Indonesia. Dari Maluku Tenggara-Banda Neira-Namroli hingga Wanci di Wakatobi, semua bisa dijelajahi," kata Raymond Lesmana, Raymond T Lesmana sebagai penyelenggara rally layar di Indonesia.

Wisatawan akan menikmati alam Maluku Tenggara selama 6 hari pada 23 sampai 27 Juli, sebelum akhirnya bertolak ke Banda Neira yang begitu kaya akan rempah-rempah bernilai tinggi pada 30 Juli sampai 2 Agustus, kemudian lanjut ke selatan Namrole Pulau Buru dan 10 sampai 13 Agustus di Wakatobi.

"Surganya menyelam di Indonesia dan di wilayah yang menjadi 10 destinasi prioritas Kemenpar ini kita bisa menyaksikan lumba-lumba di sana," kata Raymond.

Berlanjut berlayar ke selatan Indonesia, giliran pulau Andora dan Maumere yang dihampiri pada 16-19 Agustus, sebelum akhirnya kapal yacht singgah di Maurole, Ende, pada 21-24 Agustus. Kawasan ini terkenal akan pantainya yang indah.

Perjalanan Yacht berlanjut ke Labuan Bajo. Usai menghabiskan waktu di Flores dari tanggal 26-29 Agustus, peserta akan berlayar menuju Sumbawa, Lombok dan Bali. Kemudian kapal-kapal tersebut juga akan menambatkan jangkarnya di daratan Kalimantan yaitu Kumai, Kotawaringin Barat 27 sampai 30 September 2017.

Berikutnya sekaligus area yang terakhir dikunjungi adalah bagian barat Indonesia. Bangka (4-8 Oktober), dan Benan di Natuna (11 sampai 14 Oktober) serta Tanjung Pinang 15 sampai 18 Oktober. Petualangan rally akbar akan berakhir di Batam pada tanggal 20-23 oktober.

Adapun, terkait perizinan visa,akan ada kebijakan bebas visa kunjungan hanya memperbolehkan izin tinggal selama 30 hari di Indonesia. Jika menggunakan Visa on Arrival, batas waktunya hanya 60 hari.

"Untuk para yachter, Indonesia sudah menyediakan social culture visa. Masa berlakunya 60 hari dan bisa diperpanjang 4 x 30 hari. Jadi para yachter bisa berpetualang selama enam bulan," terang Raymond.

Untuk mengantisipasi kunjungan dan lama tinggal, maka diharapkan Pemerintah Pusat dan Daerah mulai memikirkan adanya kebutuhan pelabuhan pariwisata atau setidaknya dermaga wisata.

Peningkatan pelayanan memang menjadi nyawa dari wisata yacht. Hal ini diamini Mempar Arief Yahya.

"Mulai dari Clearance in and out, Custom, Immigation Stamp Passport, karantina dan Syahbandar harus all out memback up ini bila ingin wisata yacht Indonesia berkompetisi dengan global player lainnya," kata Arief Yahya.

Pendaftaran peserta dan update informasi lainnya terkait event ini bisa diakses melalui laman www.yachters-indonesia.id dan mengisi form yang tersedia. (fau/kemenpar)

Responsive image
Other Article
Responsive image
gomuslim
Get it on the play store