:
:
News
Sebelum Akad Nikah, Muzammil Hasballah Imami Shalat Subuh Berjamaah

gomuslim.co.id- Jelang akad nikah pukul 06.00 tadi, qari muda bersuara merdu Muzammil Hasballah mengimami shalat Subuh berjamaah di Masjid Agung Al-Makmur, Banda Aceh, Aceh. Usai shalat dilanjutkan dengan prosesi akad nikah. 

Sejak pukul 04.30 WIB pada, Jumat (07/07/2017), jemaah sudah mulai berdatangan ke masjid. Setelah berwudhu, mereka duduk mengisi saf pertama dan seterusnya. Jemaah lintas usia juga melaksanakan shalat sunnah dua rakaat di dalam masjid. 

Pelaksanaan shalat Subuh dilakukan sekitar pukul 05.20 WIB. Shalat Subuh hari ini ramai dipadati jemaah bahkan hingga ke lantai dua masjid. Dan pada kesempatan kali ini Muzammil mengimami langsung shalat Subuh. 

Sebelum pelaksanaan shalat Subuh, Muzammil mengatakan dalam pelaksanaan shalat Subuh pagi, jemaah diajak untuk sujud Tilawah. Kemudian qari muda berusia 24 tahun ini menyampaikan panduannya dan akan membaca ayat-ayat Sajadah. 

"Mari kita shalat seolah-olah ini shalat kita yang terakhir," himbau Muzammil kepada jemaah melalui alat pengeras suara. 

Setelah shalat subuh berjaah, Ustadz Fakhruddin Lahmuddin memberikan tausyiah singkat. Kemudian panitia masjid mengumumkan akad nikah Muzammil digelar sekitar pukul 06.00 pagi. 

Seperti diketahui sebelumnya, undangan pernikahan Muzammil viral di media sosial. Dalam undangan tersebut, ia juga mengajak masyarakat untuk melaksanakan shalat Subuh bersama dan kemudian dilanjutkan dengan akad nikahnya.

Akad nikah dua insan itu akhirnya disiarkan secara live di akun Instagram milik Muzammil, @muzammilhb.

Dalam video yang disiarkan live tersebut tampak Muzammil mengenakan kemeja putih serta jas dan celana panjang biru. Selain itu Muzammil juga mengenakan dasi kupu-kupu dan peci hitam.

Dalam video itu suasana akad pernikahan Muzammil tampak ramai oleh para tamu yang datang. Lantai 1 dan Lantai 2 Masjid Agung Al-Ma'mur terlihat penuh oleh orang-orang yang turut menyaksikan pernikahan hafidz yang memiliki suara indah itu.

Adapun sosok sang pengantin perempuan, Sonia Ristanti, mengenakan pakaian serba putih. Selain itu, Sonia juga menggunakan cadar yang menutupi wajahnya.

Video tersebut hanya menampilkan momen ketika ijab kabul telah selesai dilakukan, tepatnya ketika Muzammil sedang melantunkan ayat-ayat suci Alquran. Ayat-ayat suci Alquran yang dilantunkan Muzammil bada subuh itu adalah An-Nisa ayat 34-35 dan At-Tahrim ayat 6.

Usai melantunkan hafalan Alquran, acara dilanjutkan dengan penyerahan mahar dari perwakilan pihak pengantin laki-laki ke pada perwakilan pihak perempuan. Dalam video, pembawa acara menyampaikan ada banyaknya pertanyaan karena sebenarnya Masjid Agung Al-Ma'mur jarang mengadakan akad nikah setelah subuh.

“Namun ada pengecualian, yang memohon ini adalah imam dan hafidz. Ini kami putuskan boleh bada subuh,” ujar sang pembawa acara.

Kemudian ia menyampaikan barang siapa yang ingin menikah bada subuh di Masjid Agung Al-Ma'mur, silakan menjadi imam dan hafidz. Muzammil Hasballah menikah dengan Sonia Ristanti, wanita asal Aceh 22 tahun ini merupakan adik kelas Muzammil sejak di bangku SMA.(nat/dbs/foto:instagram@muzammilhb)

 

Responsive image
Other Article
Responsive image