:
:
News
Selipkan Pesan Damai dalam Karya Seni, Begini Kisah Inspiratif Seniman Muslim Asal Maroko

gomuslim.co.id- Dalam serial artikel, Inspiring Muslim Artist, pembaca  akan diperkenalkan dengan seniman yang menjadi sumber inspirasi bagi banyak orang.  Adalah Hassan Hajjaj, seniman kontemporer Maroko berusia 54 tahun yang menggambarkan karyanya sebagai "seni untuk rakyat".

Meskipun awalnya, dia mengakui bahwa hasratnya untuk membuat seni mulai agak terlambat dalam hidupnya. Itu bukan bagian dari rencananya, karena dia hanya secara acak memotret untuk dirinya sendiri.

Adalah Rose Issa, seorang kurator yang sukses, yang menemukan karyanya dan membantunya mengenalkan seninya kepada penonton dan menjadikannya bintang internasional.

Bagi Hassan, inspirasi terbesarnya adalah ibunya. Sebagai seorang seniman Muslim ia berharap agar agamanya senantiasa memainkan peran penting dalam pekerjaannya. Karena itu, tak jarang Hassan juga menyelipkan pengetahuan tentang agama islam ke dalam karyanya dan juga pesan damai untuk rakyat dunia.

Hassan Hajjaj lebih dikenal sebagai "Andy Warhol of Marrakech". Setelah melihat beberapa karyanya, Anda akan mengerti mengapa. Karyanya "Ilham" adalah karya seni pertama yang dia jual. Dia merasa aneh bahwa orang benar-benar menyukai seninya dan ingin memberinya tempat di rumah mereka. Sedangkan untuk Hassan sendiri, jika dia bisa mendapatkan karya seni di dunia dan menggantungnya di rumahnya, itu akan menjadi salah satu dari artis Malick Sidibe.

Hal yang paling disukai Hassan Hajjaj tentang membuat karya seni baru adalah tantangannya. Membuat seni yang akan ditaksir oleh orang. Dia telah mencapai lebih dari yang dia inginkan.

"Jika saya masih membuat seni lima tahun dari sekarang, itu akan menakjubkan," katanya, seperti dilansir dari publikasi Mvslim Culture and Art. Tapi untuk saat ini, kerja keras, makanan enak, teman baik, musik yang sehat dan bagus adalah mantra yang Hassan Hajjaj hidupi. (fau/dbs/foto: mvslim)

Responsive image
Other Article
Responsive image
gomuslim
Get it on the play store