:
:
News
Ini Tiga Bahasan Utama Presiden Jokowi dalam Kunjungannya ke Turki

gomuslim.co.id- Presiden Republik Indonesia Joko Widodo bersama rombongan memulai agenda kunjungannya di Ankara, Turki, termasuk dijadwalkan bertemu Presiden Turki Recep Tayyip Erdogan di hari kedua kunjungannya di negara itu. Ada tiga hal utama yang akan dibahas pada pertemuan tersebut.

Menteri Luar Negeri RI, Retno LP Marsudi, tiga fokus bahasan yang akan dibicarakan dalam kunjungan kenegaraan Presiden Joko Widodo yang pertama kalinya ke Turki yaitu meliputi pengembangan kerja sama di bidang ekonomi melalui peluncuran “Indonesia-Turki Comprehensive Economic Partnership” atau IT-CEPA, kerja sama pengembangan industri strategis, dan “counter-terrorism”.

“Jadi ada 8 kegiatan yang akan dilakukan oleh Presiden dalam kunjungan kenegaraan besok ke Ankara. Presiden RI akan tiba Rabu malam di Ankara,” tutur Menlu Retno.

Presiden Jokowi dalam agenda pertamanya akan berkunjung ke The Mausoleum of Ataturk untuk meletakkan karangan bunga. Agenda berlanjut kunjungan ke masjid terbesar di Ankara yakni Masjid Kocatepe yang dibangun sepanjang 1967 sampai 1987 dan bertemu dengan para ulama setempat serta masyarakat Indonesia yang berada di Turki.

“Acara resmi akan dimulai dengan penyambutan kenegaraan oleh Presiden Turki kemudian dilanjutkan pertemuan yang sifatnya lebih terbatas yaitu pertemuan empat mata yang dilanjutkan dengan pertemuan bilateral secara lebih luas,” imbuh Menlu RI.

Setelah itu akan ada penandatanganan dua nota kesepahaman yakni soal kerja sama di bidang kesehatan dan peluncuran negosiasi Indonesia-Turki Comprehensive Economic Partnership atau IT-CEPA. “Setelah itu kedua Presiden akan memberikan pernyataan pers bersama. Kemudian akan diikuti dengan jamuan kenegaraan,” ucapnya, menjelaskan.

Agenda berlanjut dengan “one on one meeting”, di mana akan ada tiga pertemuan bisnis dalam konsep “one on one” yang akan dilakukan oleh Presiden.

Kedua pemimpin tersebut juga direncanakan akan menggelar pernyataan pers bersama sebelum acara Jamuan Santap Siang Kenegaraan dimulai. Setelah acara di Istana Kepresidenan Turki selesai, Presiden kemudian dijadwalkan akan menerima sejumlah CEO Turki yang bergerak di bidang pertahanan, industri perkapalan dan energi di Hotel JW Marriot Ankara.

“Presiden selanjutnya akan bertemu dengan kalangan bisnis yang lebih luas. Kita tidak mengundang banyak orang tetapi hanya perusahaan-perusahaan besar yang sudah memiliki minat yang sudah sangat tinggi untuk melakukan kerja sama dengan Indonesia,” ucap Menlu Retno.

Setelah itu rencananya pada 6 Juli 2017 sore sekitar pukul 18.00 waktu setempat Presiden Jokowi akan meninggalkan Turki menuju Hamburg, Jerman untuk menghadiri KTT G20 2017. Tiba di Turki, Presiden Jokowi Temui Erdogan dan Kunjungi Masjid Kocatepe.

Turut mendampingi Presiden Jokowi dan Ibu Negara Iriana Jokowi antara lain Menteri Koordinator bidang Politik, Hukum dan Keamanan Wiranto, Menteri Luar Negeri Retno Marsudi, Menteri Perdagangan Enggartiasto Lukita, Sekretaris Kabinet Pramono Anung, Kepala BKPM Thomas Lembong dan Kepala BNPT Suhardi Alius. (njs/dbs/foto:setkab)

 

 

Responsive image
Other Article
Responsive image