:
:
News
Ini Hadiah yang Kemenag Siapkan untuk Siswa Madrasah Peraih Medali OSN 2017

gomuslim.co.id- Penghargaan merupakan salah satu penyemangat bagi seseorang untuk berprestasi. Hal ini juga berlaku bagi siswa yang berhasil memenangkan loba bergengsi. Baru-baru ini, Kementerian Agama (Kemenag) sedang menyiapkan penghargaan bagi para siswa madrasah yang berhasil meraih medali pada ajang Olimpiade Sains Nasional tahun 2017 di Pekanbaru, Riau.

Pernyataan ini disampaikan langsung oleh Direktur Kurikulum, Sarana, Kelembagaan, dan Kesiswaan (KSKK) Madrasah M Nur Kholis Setiawan saat meninjau kesiapan kontingen siswa madrasah venue OSN 2017.

“Kami berkomitmen untuk memberikan reward bagi pemenang OSN dari Madrasah berupa uang pembinaan bagi peraih Emas, Perak, dan Perunggu,” terangnya di Pekanbaru, Selasa (04/07/2017).

M. Nur Kholis mengatakan untuk besarannya penghargaannya sendiri masih dalam pembahasan. Namun, ia menyebut kisarannya adalah Rp10juta untuk peraih medali emas, Rp7.5juta untuk perak, Rp5juta untuk perunggu, dan Rp2.5juta untuk nominasi OSN.

Untuk gelaran OSN tahun ini, lanjut M. Nur Kholis, Kementerian Agama menargetkan para siswa madrasah dapat meraih medali lebih banyak dibanding tahun lalu. Menurutnya, ada  48 siswa Madrasah Aliyah (MA) yang akan mengikuti OSN tingkat SMA/MA yang berlangsung dari 2 sampai 8 Juli 2017.

“Pada OSN tahun lalu, siswa MA berhasil meraih 23 (dua puluh tiga) medali, terdiri dari 13 perunggu, 8 perak, dan 2 emas,” ujarnya.

M. Nur Kholis Setiawan meminta siswa madrasah peserta OSN untuk ikhtiar maksimal dan tidak melupakan doa dan tawakkal kepada Allah SWT.  "Jelang OSN, saya minta anak-anak betul-betul istiqomah dalam ikhtiar, tapi jangan lupa tawakkal dan berdoa," pesannya sembati mengutip nasehat ulama Ibn Athaillah Al Iskandari.

Menurut Guru Besar UIN Sunan Kalijaga tersebut,  pengalaman mengikuti OSN merupakan gerbang keberhasilan masa depan anak-anak. OSN ini juga diyakini tidak hanya bermanfaat untuk diri anak dan Kemenag, tapi juga untuk Indonesia.

Dalam kesempatan itu, M. Nur Kholis memberikan pesan motivatif kepada para peserta OSN dari madrasah dalam bentuk beberapa pantun berikut:

Anak Madrasah pergi berenang

Ke dalam sungai berbatu cadas

Tak mungkin Anda jadi pemenang

Tanpa do'a dan kerja keras. 

Sebagai tambahan informasi, Olimpiade Sains Nasional (OSN) tingkat SMA/MA merupakan ajang kompetisi antar siswa SMA dari berbagai provinsi seluruh Indonesia ini diselenggarakan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. Tahun ini, perhelatan tersebut akan digelar di Pekanbaru, Riau.

Dirjen Pendidikan Islam Kamaruddin Amin mengatakan keikutsertaan siswa madrasah pada ajang OSN dalam beberapa tahun terakhir menunjukan bahwa lembaga pendidikan keagamaan binaan Kementerian Agama ini terus berkembang dan kompetitif. "Saya bangga siswa madrasah sudah mampu bersaing dengan siswa sekolah umum. OSN ini membuktikan mutu madrasah tidak kalah dengan sekolah umum," ujarnya. (njs/kemenag/foto:kemendikbud)

 

Responsive image
Other Article
Responsive image
gomuslim
Get it on the play store