:
:
News
Komunitas Muslim Indonesia di Inggris Rayakan Lebaran dengan Berbagi Makanan kepada Tunawisma

gomuslim.co.id- Semangat berbagi tidak hanya saat bulan suci Ramadhan, tetapi juga berlanjut ke bulan-bulan berikutnya. Seperti yang dilakukan oleh Komunitas Muslim Indonesia di Inggris yang merayakan Idul Fitri 1438 H dengan aksi sosial baru-baru ini. Mereka memberi makan kepada 'homeless people' atau tunawisma di sana.

Komunitas Muslim Indonesia di Nottingham, Derby, dan Loughborough, Inggris ini bernama Pengajian Derbyshire Loughbrough dan Nottingham (PeDLN). Mereka merasakan hal spesial dalam perayaan Idul Fitri 1438 H tahun ini. Pasalnya, komunitas PeDLN telah berkontribusi pada acara 'Tasty Tuesday'.

Kegiatan 'Tasty Tuesday' merupakan suatu kegiatan mingguan setiap hari Selasa malam untuk memberi makanan kepada orang-orang atau komunitas sekitar yang tidak mempunyai tempat tinggal tetap dan berusia lanjut dan hidup sendirian. Kegiatan tersebut dilaksanakan di Gereja Thomas Helwys yang berada di daerah Lenton di Kota Nottingham.

Komunitas PeDLN memulainya dengan memasak seluruh makanan yang akan disajikan. Bahan-bahan mentah diramu hingga berupa hidangan yang siap saji. Makanan yang disajikan berupa nasi, capcay, gulai ayam, tahu dan tempe bacem disertai makanan penutup berupa puding coklat juga jeruk.

“Jumlah orang yang datang merasakan hidangan masakan Indonesia ini sekitar 40 orang. Namun, kenyataannya jumlah makanan yang dibutuhkan lebih dari 40 orang. Hal itu dikarenakan adanya kesempatan untuk mencicipi makanan sebanyak dua kali,” demikian dalam keterangan resminya beberapa waktu lalu.

Bukan hanya memasak dan menyediakan makanan gratis, proses penyajian makanan-makanan tersebut dibuat seperti sebuah restoran. Orang-orang tersebut duduk di meja mereka masing-masing, lalu komunitas PeDLN mengantarkan masakan ke meja-meja sesuai pesananan.

Kegiatan 'Tasty Tuesday' menjadi kesempatan untuk menunjukkan bahwa komunitas muslim harus bisa berinteraksi dan berkontribusi untuk komunitas tempat mereka tinggal. Jadi tidak hanya sibuk dengan komunitasnya masing-masing. Islam adalah rahmat seluruh alam sehingga semua orang baik muslim maupun non-muslim dapat merasakan rahmat Islam tersebut.

Selain itu, kontribusi komunitas PeDLN untuk acara 'Tasty Tuesday' adalah menunjukkan Islam yang cinta damai dan mau berinterkasi dengan semua komunitas. Sehingga citra negatif umat Islam saat ini dapat diperbaiki.

Sementara itu, pada kesempatan berbeda, Duta Besar RI di London, Dr Rizal Sukma dan Ny Hanna A. Satriyo bersama lebih dari 1400 orang memadati tenda yang merupakan tempat pelaksanaan Sholat Idul Fitri 1438H bertempat di Wisma Nusantara, kediaman resmi Dubes RI London hari Minggu pada pukul 10.00 BST.

Setelah pelaksanaan Sholat Idul Fitri 1438H, pada pukul 11.00 sampai dengan pukul 14.00 BST, Debes RI London, Dr Rizal Sukma beserta Ibu Hanna A. Satriyo dan Kepala Perwakilan Bank Indonesia (BI) di London, Bapak Endy Dwi Tjahjono beserta Ibu Riayana Dwi Tjahjono menerima seluruh masyarakat Indonesia di Inggris dalam acara Halal Bil Halal dan Temu Masyarakat.

Acara ini dihadiri lebih dari 1600 warga masyarakat Indonesia yang tinggal di Inggris baik yang beragama Islam maupun agama lainnya. Suasana Lebaran sebagaimana layaknya di Indonesia begitu terasa, dimana warga masyarakat tampak saling bersalaman sambil mengungkapkan ucapan selamat dan permohonan maaf satu sama lain.

Kegiatan Sholat Idul Fitri 1438H dan Halal Bil Halal ini yang merupakan puncak dari seluruh rangkaian kegiatan Ramadhan 1438H yang diselenggarakan KBRI London bekerjasama dengan Pengajian Masyarakat Indonesia-London. (njs/dbs/foto:detik komunitas PeDLN)

 

Responsive image
Other Article
Responsive image