Responsive image
Responsive image
Home / News
Responsive image
01 Jul 2017
Patauan Arus Balik Lebaran 2017, Kemenhub Sebut Titik Kemacetan di Rest Area
Nurjamal  - News
Responsive image

gomuslim.co.id- Pantauan arus balik di Posko Terpadu Angkutan Lebaran Kementerian Perhubungan (Kemenhub) pada Jumat (30/06/2017) pukul 11.50 WIB sejumlah titik terpantau lancar. Sementara di beberapa titik lain terpantau padat.

Menurut Sekretaris Jenderal Kemenhub Sugihardjo, pergerakan lalu lintas di Tol Cikampek, Cipularang, Merak relatif lancar. “Demikian pula di daerah Nagreg yang kemarin cukup padat dan jumat ini lancar. Ini posisi berita jam 11.50 WIB," ujarnya di Jakarta beberapa waktu lalu.

Namun, ia mengatakan bahwa kemacetan terjadi sebelum Tol Cikampek menuju arah Jakarta. Kemacetan terjadi di rest area KM 103 dan mengular sampai KM 115. "Ada kemacetannya justru sebelum Tol Cikampek yaitu di Tol Cipali. Rest area 103 antrean ke belakang sampai 115. Kira-kira 12 km," paparnya.

Selain itu, kemacetan juga terjadi di rest area KM 130 mengular sampai KM 145. Panjang kemacetan mencapai 15 km. Untuk itu, Sugihardjo mengimbau kepada masyarakat untuk menggunakan rest area seperlunya. Paling banyak rest area digunakan sampai waktu 1 jam.

"Pertama bagi masyarakat yang sudah berada di rest area gunakanlah secukupnya paling banyak 1 jam saya pikir lebih dari cukup. Karena untuk ketentuan istirahat 30 menit sampai 1 jam buat makan dan sebagainya. Masih ada pengguna lain membutuhkan," pesannya.

Selanjutnya, dia juga meminta masyarakat antre dengan tertib saat masuk di rest area. Sehingga, tidak menimbulkan kemacetan panjang. "Bagi masyarakat yang belum memasuki rest area tolong perhatikan jangan sampai anda mengantre tapi mem-block jalan. Ikuti anjuran petugas kalau diminta melanjutkan perjalanan pada rest area berikutnya. Ini potret yang kami lihat di lalu lintas untuk jalan," tandasnya.

Sementara itu, pantauan pada Jumat malam, 30 Juni 2017, arus balik Lebaran di Jalan Tol Cipularang dan Tol Cikopo Palimanan (Cipali) menuju Jalan Tol Jakarta - Cikampek padat merayap.

Kepadatan arus balik terjadi pada titik kilometer 66 Jalan Tol Jakarta - Cikampek. Di titik itu terjadi pertemuan arus antara kendaraan yang melintas dari jalan Tol Cipularang dengan kendaraan dari Tol Cipali. Akibat pertemuan arus itu terjadi antrean kendaraan pemudik yang akan balik ke Jakarta dari dua arah, yakni dari Tol Cipali dan dari Tol Cipularang.

Kepadatan arus lalu lintas yang dipicu pertemuan arus itu mengakibatkan kemacetan yang cukup panjang di jalan Tol Jakarta-Cikampek. Petugas di lapangan sempat melakukan sistem "contraflow" (melawan arus) di jalan Tol Jakarta-Cikampek, dari Kilometer 65, kawasan Dawuan, hingga Kilometer 41 di kawasan Karawang Barat.

Selain akibat pertemuan arus lalu lintas, kemacetan di jalan Tol Jakarta Cikampek juga terjadi akibat antrean panjang menjelang rest area. Kapolres Karawang AKBP Ade Ary Syam Indriadi sebelumnya memprediksi puncak arus balik Lebaran 2017 terjadi pada akhir pekan ini.

Itu terjadi karena pegawai negeri sipil dan karyawan mulai masuk kerja pada 3 Juli. Sehingga akhir pekan menjadi puncak arus balik lebaran. Sistem "contraflow" itu sendiri menjadi salah satu cara mengatasi kepadatan di jalan Tol Jakarta-Cikampek. Upaya lainnya, mengalihkan kendaraan untuk keluar gerbang Tol Cikampek, kemudian melintasi jalan Arteri Karawang.

Untuk upaya mengatasi kepadatan arus akibat antrean kendaraan yang hendak ke "rest area", petugas melakukan buka-tutup di pintu masuk "rest area". Sistem buka-tutup itu disesuaikan dengan kondisi parkir di sekitar rest area. (njs/dbs/foto:tempo)

 

Responsive image
BACA JUGA
Responsive image
Responsive image
Responsive image
Responsive image
Responsive image
Responsive image
KOMENTAR
Responsive image
TULIS KOMENTAR
Kode Acak

*Ket : Masukkan kode di atas sesuai tulisan, perhatikan huruf dan angka

Responsive image
Responsive image