:
:
News
Menhub: Arus Mudik Lebaran 2017 Berjalan Lancar

gomuslim.co.id- H+4 Hari Raya Idul Fitri 2017 terlihat arus balik mudik makin padat. Berbagai persiapan pengamanan dan penanggulangan kecelakaan pun terus dilakukan.

Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi menilai bahwa pelaksanaan arus mudik Lebaran 2017 atau Idul Fitri 1438 Hijriyah secara nasional berjalan baik, sekalipun masih ada sejumlah hal yang perlu dievaluasi untuk perbaikan di masa mendatang.

"Evaluasi mudik secara menyeluruh Alhamdulillah berjalan baik. Memang ada beberapa yang perlu dievaluasi dan ditingkatkan," katanya.

Sejumlah hal yang perlu dievaluasi, menurut Budi Karya, antara lain pola dan manajemen waktu mudik yang perlu direncanakan secara lebih baik oleh masyarakat pemudik, perluasan tempat istirahat dan areal parkir bagi pemudik di sejumlah titik bagi pemudik jalan darat, agar nyaman dalam beristirahat sekaligus aman selama perjalanan.

"Koordinasi antarjajaran yang sudah ada ini perlu kita tingkatkan lagi dengan suatu komunikasi yang baik sehingga menjadi pola mudik yang bagus," ujarnya.

Menhub mengimbau para pemudik yang hendak kembali ke wilayahnya mencari nafkah, agar tetap mengutamakan keselamatan selama di perjalanan saat arus balik.

Para pemudik bersepeda motor, menurut dia, dapat memanfaatkan program mudik gratis yang diselenggarakan pemerintah bersama instansi terkait, termasuk menggunakan fasilitas pengiriman motor dengan jasa PT Kereta Api Indonesia (PT KAI Persero) maupun penyeberangan kapal PT Pelni (Persero).

"Masih ada empat kali keberangkatan mudik gratis yang kami selenggarakan dari Pelabuhan Tanjung Emas Semarang," katanya, merujuk layanan PT Pelni (Persero).

Ia juga mengapresiasi koordinasi yang baik, khususnya antara Kementerian Perhubungan dengan Kepolisian Negara Republik Indonesia (Polri), serta Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) dalam menyiapkan pelaksanaan arus mudik sehingga dapat berjalan dengan baik.

Koordinasi serupa juga diharapkan tetap berlangsung guna melayani arus balik masyarakat pengguna jasa angkutan untuk segala moda transportasi, demikian Budi Karya Sumadi.

Sementara itu,  Kendaraan pemudik saat arus balik Lebaran pun makin adat. Salah satunya lalu lintas mengular jalur Boyolali hingga pintu masuk Tol Bawen, Kabupaten Semarang, sejak Kamis malam hingga Jumat dini hari. Arus kendaraan pada H+4 Lebaran tersebut sudah mulai padat.

Kepadatan sudah terjadi sejak perbatasan Boyolali dengan Kabupaten Semarang di Kecamatan Tengaran. Bahkan kepolisian sempat menerapkan sistem buka tutup bagi kendaraan dari arah Solo yang akan kembali ke berbagai daerah di wilayah barat melalui Semarang.

Empat lajur jalan raya digunakan seluruhnya untuk kendaraan dari arah Solo hingga memasuki Kota Salatiga.

Sedangkan, seluruh kendaraan dari arah sebaliknya diberhentikan sementara. Buka tutup arus lalu lintas juga sempat diberlakukan di ruas Salatiga-Tuntang, Kabupaten Semarang. Selepas jalur tersebut, sebagian besar pemudik memilih masuk ke Tol Bawen yang kondisinya cukup padat. (fau/antara/dbs)

Responsive image
Other Article
Responsive image