:
:
Muslim Lifestyle
Agar Tak Mudah Rusak, Ini Tips Merawat Hijab

gomuslim.co.id – Saat ini, hijab tak hanya menjadi kebutuhan. Tapi menjadi bagian dari style dan gaya. Karena itu, merawat hijab agar tetap bagus baik bahan dan warnanya adalah bagian penting bagi hijabers. Nah, agar tak mudah rusak, bolong dan kusam simak tips dalam merawat hijab ala gomuslim.

 

Cuci dengan Tangan



Dalam pencucian hijab, hindari penggunaan mesin cuci. Apalagi jika harus dicampur dengan pakaian lainnya. Hal ini akan membuat hijab yang sebenarnya tak terlalu kotor akan terlalu lama digilas dengan mesin sehingga membuat benangnya mudah rapuh.

Sifat kain hijab kebanyakan cenderung tipis dan lemas, hijab sebaiknya dicuci dengan tangan untuk mempertahankan keawetannya. Caranya, pisahkan hijab dengan pakaian lagi, rendam sekitar 5-10 menit di dalam air sabun, kucek perlahan, dan bilas hingga bersih.

 

Hindari Menjemur di Bawah Sinar Matahari Langsung



Hijab berwarna akan lebih cepat pudar warnanya jika kamu sering menjemurnya langsung di bawah sinar matahari. Nah, agar warna dan motif hijab kamu awet, mulai saat ini pastikan hanya mengeringkannya di tempat yang teduh, ya.

 

Setrika dengan Suhu Rendah




Saat menyetrika, gunakan suhu tak tinggi karena suhu yang tinggi akan merusak serat kain dan membuat hijab menjadi tipis sehingga mudah bolong.

 

Hindari Menggunakan Peniti

 


Meskipun dibutuhkan, penggunaan peniti merupakan musuh terbesar bagi hijab. Karena peniti dapat merusak serat kain hijab rusak sehingga membuatnya jadi lebih cepat bolong. Alternatifnya, kamu bisa menggunakan jarum pentul atau jepit khusus hijab yang tidak merusak tekstur kain hijab.

 

Gunakan Gantungan Hijab



Selain itu, penyimpanan hijab juga harus diperhatikan. Kamu bisa menggunakan hanger komplement, gantungan handuk, hanger ikat pinggang, harm pant hanger, hingga rak sepatu gantung. Kalau terpaksa kamu harus melipatnya karena jarang kamu pakai, gunakan lah plastik khusus atau gulung dan simpan pada storage tertentu. Pet hijab dan ciput jangan sampai dilipat lho, ya! (nov/dbs)

 

Responsive image
Other Article
Responsive image