:
:
Muslim Lifestyle
Mudik Aman dan Nyaman, Ini Tipsnya

gomuslim.co.id - Mudik atau pulang ke kampung halaman menjadi tradisi libur Lebaran masyarakat Indonesia turun temurun yang sudah menjadi kebudayaan. Sehingga mudik menjadi momen yang ditunggu-tunggu setiap satu tahun sekali bagi para perantau.

Jelang menyambut Hari Raya Idul Fitri, sebagian Sahabat gomuslim pasti ada yang melakukan perjalanan mudik untuk kembali ke kampung halaman atau sekedar silturahmi dengan keluarga di kampung. Bagaimana dengan persiapannya? apakah Sahabat gomuslim sudah mempersiapkan perjalanan mudik dengan baik. Mulai dari pemilihan akomodasi, bekal makanan, maupun peralatan yang harus di bawa.

Ramadhan Guide kali ini akan membahas 5 Tips Mudik yang Aman dan Nyaman:

1. Persiapan Moda Transportasi

Akomodasi yang akan digunakan saat mudik menjadi prioritas utama. Usahakan untuk memilihan moda transportasi dari jauh-jauh hari, apalagi jika Sahabat gomuslim menggunakan transportasi publik seperti pesawat, kereta, bus atau kapal laut yang lebih ramah lingkungan karena digunaka ol

 usahakan untuk booking tiket maksimal H-sebulan sebelum hari keberangkatan. Meski memilih kelas ekonomi namun usahakan agar tetap membeli tiket jauh sebelum hari keberangkatan guna menghindari kehabisan tiket atau lonjakan harga tiket dadakan.

 

 

Jika Sahabat gomuslim menggunakan kendaraan pribadi, disarankan untuk mengecek kendaraan dari jauh-jauh hari untuk meluangkan waktu servis kendaraan sehingga dapat berkendara prima dan aman selama diperjalanan. Pastikan kapasitas penumpang tidak melebihi kapasitas maksimal untuk menghindari ban bocor atau kerusakan mesin kendaraan.

 

2. Perbekalan Makanan

Selain moda transportasi, perbekalan makanan juga tak kalah pentingnya. Jika akan berpergian mudik jauh saat puasa bawalah kue-kue yang mengenyangkan seperti kue bolu, ketan atau kue basah yang dapat dimakan dengan mudah saat buka puasa. Jika membawa bekal nasi baiknya agar memisahkan nasi dengan lauk supaya tidak mudah basi. Jika membawa anak-anak yang belum cukup usia berpuasa agar tidak lupa membawa camilan kue-kue ringan seperti cookies, coklat, permen.

 

 

Sedangkan, jika Sahabat gomuslim melakukan perjalanan mudik pasca Lebaran, baiknya untuk membawa makanan yang mengenyangkan seperti lontong/arem-arem yang mudah dimakan saat diperjalanan.

 

3. Gunakan Pakaian dan Hijab yang Nyaman

Pakaian yang nyaman membuat kita menikmati perjalanan, saat mudik jangan berpakaian yang berbahan tidak mudah menyerap keringat seperti satin, jersey, atau woll. Baiknya agar menggunakan baju kaos longgar berbahan katun atau rayon sehingga memudahkan pergerakan, dan menyerap keringat. Demikian pula dengan hijab yang dipakai, gunakan hijab berbahan ringan seperti voal, paris atau polycotton yang tidak mudah lecak sehingga penampilan tetap rapih dan stylish.

 

 

4. Perhatikan Keamanan Barang Bawaan

Jika Sahabat gomuslim melakukan solo mudik (mudik sendiri) pastikan barang bawaan dekat dengan jangkauan. Jangan membawa tas terlalu banyak karena akan membuat Sahabat gomuslim ribet dan sibuk dengan barang bawaan sehingga menganggu penumpang lain. Apabila Sahabat gomuslim memiliki tas carrier pakailah tas tersebut karena menyimpan cukup banyak muatan. Dan memperhatikan seleting tas agar tetap tertutup, sebaiknya gunakan gembok untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan.

 

 

Jika Sahabat gomuslim ingin pergi ke toilet atau meninggalkan barang bawaan sebentar, usahakan untuk menitipkan barang bawaan ke penumpang lain yang masih dalam satu tempat duduk atau terdekat. Namun, agar tetap memperhatikan tingkat kepercayaan dengan orang lain.

 

5. Irit Baterai Handphone dan Membawa Powerbank



Agar perjalanan tetap aman dan nyaman, baiknya untuk menjaga komunikasi dengan keluarga atau kerabat. Usahakan untuk tetap menjaga baterai handphone agar tidak drop dengan tidak memboroskan penggunaan data seluler. Nonaktifkan aplikasi di handphone yang memungkinkan habiskan banyak baterai. Sebagai cadangan jika tidak mendapatkan stop contac aliran listrik, Sahabat gomuslim disarankan untuk membawa powerbank. (nat/foto:ist)

 

Baca juga:

Begini Cara Bayar Fidyah Puasa Ramadhan bagi Ibu Hamil dan Menyusui

Responsive image
Other Article
Responsive image
gomuslim
Get it on the play store